Tata Cara Shalat Tarawih Dan Bacaan Doanya

Posted by
Pengantin Baru, Ustaz Somad Jadi Imam Tarawih di Kampung Istrinya

Selama bulan Ramadhan, setiap umat Islam disunahkan untuk melaksanakan ibadah shalat tarawih. Shalat tarawih adalah salah satu keutamaan bulan Ramadhan. Ibadah shalat sunah tarawih ini hanya bisa dilakukan pada setiap malam dibulan Ramadhan.

Allah menjanjikan imbalan yang baik bagi orang orang yang melaksanakan ibadah shalat tarawih. Diantaranya adalah mendapatkan malam lailatul qadar atau malam yang lebih dari 1000 bulan dan akan diampuni dosa dosa yang pernah dilakukan, baik dosa kecil maupun dosa besar.

Dimasa pandemi ini, shalat tarawih bisa dilakukan sendiri sendiri atau berjamaah di rumah. Atau bisa juga melakukan shalat tarawih di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Meski shalat tarawih boleh dikerjakan sendiri, namun lebih diutamakan dilakukan secara berjamaah. Waktu shalat tarawih adalah saat malam hari dibulan Ramadhan saat masuknya waktu Isya sampai masuknya waktu shalat shubuh atau terbit fajar.

Secara garis besar, tata cara salat tarawih sama seperti melaksanakan shalat sunah yang lain, namun perbedaannya terletak pada niat. Berikut dibawah ini tata cara dan bacaan shalat tarawih :

  • Membaca Niat Shalat Tarawih

Niat shalat tarawih bisa diucapkan atau dibacakan didalam hati sebelum memulai shalat. Adapun bacaan niat shalat tarawih adalah :

  • Bacaan Niat Shalat Tarawih Jika Shalat Sendiri

Ushollii Sunnatat taroowiihi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’ala.

Artinya : “Saya berniat salah satu sunah tawarih sebanyak dua rakaat menghadap kiblat karena Allah subhanahu wa ta’ala.”

  • Bacaan Niat Shalat Tarawih Sebagai Makmum

Ushollii sunnatat taroowiihi rak’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lilaahi ta’ala.

Artinya : “Saya berniat salah satu sunah tarawih sebanyak dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah subhanahu wa ta’ala.”

  • Bacaan Niat Shalat Tarawih Sebagai Imam

Usholli sunnatat taroowiihi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’ala.

Artinya : “Saya berniat shalat sunah tarawih sebanyak dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah subhanahu wa ta’ala.”

  • Takbiratul Ihram Dan Shalat Seperti Biasa

Setelah takbiratul ihram, dilanjutkan dengan membaca doa iftitah, surat Al-Fatihah, serta surat surat pendek. Dalam shalat tarawih disunahkan untuk mengeraskan suara ketika membaca surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek.

Kemudian lanjutkan dengan rukuk, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud kedua, berdiri untuk melakukan rakaat yang kedua, dan seterusnya, serta diakhiri dengan salam.

  • Membaca Doa Shalat Tarawih

Doa shalat tarawih ini dibaca diantara jeda rakaat setelah salam dan sebelum takbiratul ihram. Berikut bacaan doanya :

  • Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tukhibbul Afwa Fa’fuanni

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku yang Maha Mulia.”

  • Allohumma inna Nas’aluka Ridhoka wal Jannah wa Na’udzubika min Sakhotika wannaar.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhoan-Mu dan surga, dan kami berlindung dari murka-Mu dan siksa neraka.”

Amalkan doa shalat tarawih diatas setiap kali mengerjakan shalat tarawih dibulan Ramadhan.

  • Dilanjutkan Dengan Shalat Witir

Setelah selesai mengerjakan shalat tarawih, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah shalat witir. Kerjakan shalat witir dengan jumlah rakaat ganjil seperti satu atau tiga rakaat. Adapun bacaan Niat Shalat Witir adalah :

“Ushalli sunnatal witri tsalaasa rak’atain lillaahi ta’ala.’’

Artinya : “Aku niat shalat witir tiga rakaat karena Allah Ta’ala.”

Yuk, perbanyak amalan baik dengan mengerjakan ibadah shalat tarawih dan witir disetiap malam dibulan Ramadhan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *