Wujud Partisipasi dalam Program Bina Lingkungan, Jasa Marga Lakukan Perbaikan Ekosistem Sungai Cisadane

22

Dalam rangka penataan aliran sungai serta perbaikan ekosistem lingkungan sungai Cisadane, yang berada di sekitaran Gunung Salak-Pangrango, Kabupaten Tangerang, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengembangkan program bina lingkungan peningkatan peran masyarakat atau lembaga di sekitaran bantaran sungai.

Kegiatan yang dilombakan dalam Indonesia Green Awards ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sehingga tercipta keseimbangan ekosistem yang berdampak pada kesejahteraan hidup masyarakat sekitar serta tidak terganggunya operasional perusahaan. Sementara itu, tujuan khusus program ini adalah untuk mencapai tujuan umum yang ditetapkan yaitu, peningkatan peran serta masyarakat serta kesejahteraan masyarakat melalui kewirausahaan lingkungan.

Sementara itu, untuk target penerimaan manfaat program ini adalah masyarakat disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS), yang berada dalam 12 aliran sungai, dimana untuk unit pelaksananya adalah 8 Cabang Jasa Marga. Dengan adanya program bina lingkungan ini, terlihat adanya perubahan perilaku cinta lingkungan bersih kali dengan ditandai berkurangnya buang sampah langsung ke Sungai, adanya tempat sampah serta terbentuknya organisasi bank sampah dengan nama Banksasuci (Bank sampah sungai Cisadane).

Dalam ajang penganugerahan yang diprakarsasi oleh The La Tofi School of CSR ini, Jasa Marga yang diwakili Direktur SDM dan Umum Kushartanto Koeswiranto meraih penghargaan dalam kategori: mengembangkan keanekaragaman hayati, memelopori pencegahan polusi, dan mengembangkan pengelolaan sampah terpadu. Pada ajang IGA 2018 yang digelar secara tahunan ini, kompetensi dan komitmen Jasa Marga beserta seluruh nominator dinilai oleh tim penilai yang terdiri dari para ahli dalam bidang lingkungan, yakni Pemilik “The La Tofi School” La Tofi sebagai ketua tim penilai, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian RI Ngakan Timur Antara, Dirjen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Rida Mulyana, Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia Ibnu Hamad dan Direktur Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Jo Kumala Dewi.

Source Wujud Partisipasi dalam Program Bina Lingkungan, Jasa Marga Lakukan Perbaikan Ekosistem Sungai Cisadane

Leave A Reply

Your email address will not be published.