Wisata PAL 16, Rest Area Ditengah Hutan Pinus Perhutani Bandung Utara

11

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (20/5/2016) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara . Menghadirkan wisata PAL 16, Cikole , Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tepatnya, di kawasan Hutan Perhutani KPH Bandung Utara, petak 52b, RPH Cikole, BKPH Lembang dengan ketinggian 1200 Dpl. Sebuah lokasi rest area dinikmati dengan menawarkan udara sejuk khas hutan pinus.

Pal 16 berada pada lahan seluas ± 2 hektar, lokasinya berada di Cikole dipinggir lintasan jalan Raya Bandung-Lembang menuju Kabupaten Subang. Pengunjung bukan hanya mereka yang sejenak melepas lelah sehabis berkendara. Tidak sedikit yang datang bersama keluarga untuk sekedar bercengkrama bahkan makan bersama di tengah alam terbuka. Melepas lelah dan beristirahat sejenak di area yang cukup luas dan berhawa sejuk dengan menawarkan panorama alam yang indah.

Berbagai fasilitas umumpun tersedia seperti toilet, tempat duduk dan tempat berteduh berbahan kayu dan bambu dengan desain menarik . Ada banyak tempat sampah yang disediakan agar pengunjung mudah membuang sampah,serta toilet yang pasti dibutuhkan bagi pelintas dan fasilitas parkir yang luas.

Administratur Perum Perhutani Bandung Utara, Wismo Tri Kancono mengatakan bahwa Pal 16 ini menjadi bagian dari Visi Perum Perhutani, bagaimana hutan bisa memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dalam beragam bentuk. Masyarakat bisa melepas lelah disini dan bisa melanjutkan perjalanankembali dengan kondisi yang lebih baik.

Tak heran bila kondisi wisata Pal 16 yang keberadaannya baru beroperasi pada 16 April 2016 ini, mulai ramai dikunjungi. Dalam pengelolaannya melibatkan masyarakat setempat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Makmur, dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

Source Wisata PAL 16, Rest Area Ditengah Hutan Pinus Perhutani Bandung Utara

Leave A Reply

Your email address will not be published.