Wisata Bandung, Asyiknya Main di Air Terjun Buatan yang Sembunyi di Kebun Teh

23

24 Juni 2019 | Jakarta – Jika Anda hendak liburan ke Jawa Barat, jangan lupa melipir ke Bandung, tepatnya ke Curug Tilu. Salah satu air terjun buatan ini unik dan indah. Letaknya tersembunyi di kawasan perkebunan teh Rancabali Ciwidey.

Curug ini memiliki ukuran yang mini dengan tiga aliran air terjun. Ketiganya memiliki ketinggian yang sama. Alirannya berasal dari sumber air alami. Satu aliran dengan air panas Walini. Di sekitar curug ini banyak tempat wisata lainnya seperti Ciwidey Valley Resort, Kawah Putih, Ranca Upas, Situ Patenggang dan lain lain.

Lokasinya berada di Kampung Cisabuk, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Ciwidey. Curug ini menjadi pilihan wisata alam keluarga yang eksotis setelah Kawah Putih dan sebelum Situ Patengang. Tiga air terjun dari bebatuan yang ditata rapi menjadi daya tarik utama curug ini. Di sekitarnya dibangun taman dengan berbagai jenis tanaman bunga. Ada juga jembatan-jembatan bambu kecil yang menghubungkan aliran-aliran sungai.

Awalnya, aliran itu membentuk danau kecil dan menciptakan beberapa jeram. Setelah ditata dan dibentuk oleh PTPN VIII, terciptalah air terjun yang indah. Arus air di Curug buatan ini layaknya aliran sungai yang melintasi bebatuan dengan kemiringan yang tak terlalu terjal. Airnya jernih dan memiliki danau penampungan. Lokasi ini kerap dijadikan objek swafoto warga atau prewedding.

Untuk menuju ke Curug Tilu Ciwidey, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya berjarak sekitar 30 km dari Kota Bandung, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Biaya masuk ke Curug Tilu hanya Rp10.000 dan parkir Rp5.000. Selain bisa menikmati curug, Anda bisa melihat perkebunan teh yang terhampar luas. Mengunjungi curug bisa juga menggunakan tiket terusan dari tempat wisata di sana.

Source Wisata Bandung, Asyiknya Main di Air Terjun Buatan yang Sembunyi di Kebun Teh

Leave A Reply

Your email address will not be published.