Wapres JK Dorong PT Dirgantara Indonesia Fokus Bisnis Pesawat Komersial

16

20 Januari 2016 —¬†Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta PT Dirgantara Indonesia fokus memproduksi pesawat komersial dan tak tergantung pada pesanan pemerintah.

“Pemerintah sendiri punya prinsip membeli produk dalam negeri tapi tidak membeli pesawat kecuali tentara. Itu juga tidak terlalu banyak. Yang banyak membeli pesawat itu untuk komersial. Ini yang harus difokuskan,” kata Jusuf Kalla kepada wartawan di Hanggar Fix Wing, komplek PT DI di Jalan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/1/2016).

JK optimistis bisnis pesawat komersial yang akan dijalankan PT DI bisa berjalan dan berkembang sambil memperhatikan beberapa hal. Menurut dia bisnis pesawat komersial bisa berjalan selama hal pokok bisnis diperhatikan, di antaranya teknologi, maintenance service, dan soal fokus.

“Fokus kemudian perbaiki sistem baru bisa masuk ke komersial. Sebab pesawat pemerintah jam terbang kecil, kalau komersial jam terbang tinggi dan tiap hari terbang sehingga maintenance harus siap,” imbuh JK.

Kedatangan JK ke PT DI di antaranya melihat pesawat pesanan Kementerian Pertahanan untuk digunakan TNI AU dan TNI AL, Thailand, dan Senegal. Pemerintah, sambung JK, mendukungan PT DI memproduksi N 219 yang telah ditampilkan perdana kepada publik pada 10 Desember 2015. Pesawat N 219 kini sedang memasuki tahapan sertifikasi kelaiakan udara dari Direktorat Kelaiakan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementrian Perhubungan.

Source Wapres JK Dorong PT Dirgantara Indonesia Fokus Bisnis Pesawat Komersial

Leave A Reply

Your email address will not be published.