Wanita Tani Hutan Diajak Kurangi Penggunaan Pestisida

10

RANDUBLATUNG, PERHUTANI (28/4/2015) Lembaga masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sido dadi Mulya Desa Ngliron, Randublatung bekerjasama dengan Kantor Ketahanan pangan Blora dan Perhutani melakukan pelatihan peningkatan kemandirian bagi kelompok wanita tani hutan.

Sebanyak 25 orang anggota wanita tani hutan bimbingan LMDH Sidodadi mulya Desa Ngliron telah dilatih untuk memanfaatkan potensi pekarangan rumah masing – masing dengan berbagai tanaman sayuran untuk kebutuhan sehari – hari.

Kepala kantor Ketahanan Pangan Blora, Mashudi mengatakan bahwa Pelatihan ini merupakan pelatihan tahap kedua , dimana untuk yang pertama mereka diajari untuk pemanfaatan pekarangan rumah masing – masing dengan menanam berbagai sayuran untuk pemenuhan gizi keluarga, dan kali ini mereka akan diajari ketrampilan membuat aneka makanan yang berbahan baku non pabrikan yang ditanam disekitar hutan.

“Wanita tani hutan juga kaitannya dengan sistim pengelolaan hutan lestari yang saat ini dilakukan di kawasan Hutan Kabupaten Blora juga sangat berperan aktif. Peran tersebut adalah dalam melakukan budidaya tanaman sayuran pada pekarangan masing – masing dianjurkan untuk tidak menggunakan pestisida ,karena hal tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan keluarga.” Tambahnya.

Source Wanita Tani Hutan Diajak Kurangi Penggunaan Pestisida

Leave A Reply

Your email address will not be published.