Utamakan Keselamatan Kerja, Pelindo III Tertibkan Penggunaan APD

12

06 April 2016

Kupang – Gate masuk PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Pelabuhan Tenau Kupang tampak lebih ramai dari biasanya. Terlihat beberapa motor roda dua dan truk trailer diberhentikan oleh petugas yang menggunakan rompi bertulisan “Pelindo III”. Rupanya petugas ini merupakan gabungan tim P2K3, pejabat struktural dan tenaga pengamanan di lingkungan Pelabuhan Cabang Tenau Kupang. Tim gabungan ini sedang melakukan inspeksi terhadap penggunaan APD bagi semua pengguna jasa yang masuk ke area pelabuhan.

Penertiban penggunaan APD ini merupakan tindak lanjut dari acara Sosialisasi Komitmen K3 Bersama Mitra Kerja di Lingkungan Pelabuhan Tenau Kupang yang telah diadakan pada Jum’at (12/02) lalu. Pasca sosialisasi tersebut, pihak manajemen Pelabuhan Tenau Kupang menyebarkan Surat Edaran perihal kewajiban penggunaan APD kepada seluruh pengguna jasa di area Pelabuhan Tenau Kupang.

“Setelah sosialisasi akan diterbitkan surat edaran yang kami kirimkan kepada seluruh pengguna jasa. Surat edaran ini merupakan tindak lanjut dari apa yang telah kami sosialisasikan demi peningkatan keselamatan kerja di area pelabuhan,” ungkap Manager SDM dan Umum Pelabuhan Tenau Kupang, Moh. Nizar Fauzi.

Nizar juga menambahkan, upaya peningkatan keselamatan kerja tidak hanya berhenti pada sosialisasi dan surat edaran saja, tetapi juga dilakukan inspeksi ke lapangan yang akan dilakukan oleh Tim Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) Pelabuhan Tenau Kupang terkait dengan penggunaan APD. Inspeksi pertama dilakukan di gate masuk pelabuhan, sebagai pintu utama keluar-masuknya semua orang yang berkepentingan di pelabuhan. Driver trailer, mobil, dan bahkan pengendara motor yang tidak menggunakan APD diberhentikan untuk diberikan pengarahan singkat.

Selanjutnya inspeksi dilanjutkan ke area petikemas. Rupanya sosialisasi dan surat edaran yang diberikan kepada pengguna jasa cukup memberikan imbas positif. Hal ini dibuktikan dengan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang mulai tertib menggunakan APD.

“Dampak positif dari penertiban APD yang dimulai dari sosialisasi dan pemberian surat edaran sudah mulai terlihat, tetapi tentu saja kami tidak akan berhenti disini. Tim kami akan terus melaksanakan monitoring di lapangan. Bukan hanya APD saja, tetapi juga penerapan aspek K3 yang lain, seperti ketertiban tempat parkir, ketersediaan rambu, dan lain sebagainya”, tegas General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tenau Kupang, Denny L. Wuwungan.

Source Utamakan Keselamatan Kerja, Pelindo III Tertibkan Penggunaan APD

Leave A Reply

Your email address will not be published.