Upskilling Data Governance untuk Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

7

2/7/2019 | JAKARTA – Fungsi Human Capital (HC) Pertamina mengadakan upskilling mengenai data governance, di Ballroom Lantai Mezzanine, Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina, Selasa (2/7/2019). Upskilling ini diadakan untuk mendukung level top manajemen dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang valid.

Pjs SVP HC Development Gustini Raswati mengatakan, acara ini bertujuan agar para pekerja memiliki kesadaran atas datanya masing-masing. Fungsi HC pun memiliki cita-cita untuk membuat program big data sehingga ini merupakan langkah awal ke arah big data.

“Kita meminta bantuan CICT tentang data governance. Maksudnya, data-data Human Capital dan data pekerja itu harus ada ownership-nya. Kita harus tahu siapa yang punya data ini, siapa yang mengupdate, siapa yang menjaga agar data valid. Itu semua harus ada penanggung jawabnya. Jika informasi yang disajikan up to date, maka keputusan terkait HC bisa diambil lebih cepat, karena analisa data menjadi lebih mudah. Kita punya cita-cita untuk membuat big data untuk HC. Sekarang kita bereskan data awalnya sehingga ketika kita tambah itemnya, jadi lebih mudah,” ujarnya.

Sementara Vice President Human Resources Manajemen Irzan Noor Rizki menjelaskan, output pada upskilling ini berupa pedoman terkait data governance untuk men-support manajemen dalam mengambil keputusan.

“Kita butuh data governance karena kita ingin mendukung perusahaan untuk dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dengan berdasarkan data. Harapannya dengan upskilling ini tidak ada lagi fungsi-fungsi yang saling lempar tanggung jawab karena sudah jelas siapa yang harus melakukan apa dan terhadap data tersebut akan dilakukan analitik seperti apa,” tutupnya.

Source Upskilling Data Governance untuk Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Leave A Reply

Your email address will not be published.