Upaya Penanggulangan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Fasilitas Kesehatan Pertama

26

27 November 2017, Humas NTT — Berada dijalan Negara Trans Timor diantara tiga kabupaten Clinic St. Bakhita Kanossian Nurobo  sering  menjadi fasilitas kesehatan pertama tempat korban kecelakaan lalu lintas di evakuasi dari tempat kejadian. Khusus bagi kecelakaan lalu lintas yang terjadi di daerah luar kota kabupaten Belu, Malaka dan TTU.

Kepala Clinik St. Bakhita Kanossian Nurobo Sr. Anarela Fatima Barros, FdCC memberikan informasi pada saat pembukaan sosialisasi UU 33 dan 34 tahun 1964 pada hari Jumat tanggal 24 November 2017 di beranda klinik , bahwa di daerah perbatasan 3 kabupaten ini hanya tempatnya yang buka 24 jam sehingga bila terjadi kecelakaan masyarakat selalu mengevakuasi korban kecelakaan lalu lintas terlebih dahulu ke klinik.

Pertolongan pertama pada korban kecelakaan (P3K) dilakukan di Klinik  setelah observasi dan aman korban dirujuk ke RSUD Atambua guna mendapatkan perawatan lanjutan.

Durasi waktu perawatan dan kondisi gawat darurat sehingga biaya obat, jasa dokter dan biaya transportasi rujukan sering tidak dibayar oleh masyarakat korban kecelakaan lalu lintas dan menjadi resiko dari keberadaan klinik di jalur luar kota.

Tindakan  kemanusiaan Klinic canossian dalam menolong korban kecelakaan lalu lintas dalam meminimalisir fatalitas cidera korban kecelakaan yang terjadi diluar kota dan jauh dari peralatan medis yang memadai didukung Jasa Raharja KPJR Atambua. Implementasi dari respon  KPJR Atambua diawali dengan sosialisasi dan penawaran  melakukan kerja sama penangganan korban kecelakaan secara terpadu.

Kerja sama penanggulangan korban kecelakaan guna memberikan kepastian jaminan kepada masyarakat dan Clinic Canossian bahwa Jasa Raharja menjamin biaya rawatan korban kecelakaan yang terjamin UU 33 dan 34 tahun 1964 yang di rawat dan dirujuk dari klinik.

KPJR Atambua melakukan komunikasi dan kerja sama dengan semua stakeholder yang berkontribusi dalam penanggulangan korban kecelakaan lalu lintas dalam memberikan kepastian jaminan dan penyaluran hak masyarakat mulai dari Faskes Pertama sampai Faskes Lanjutan.

Source Upaya Penanggulangan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Fasilitas Kesehatan Pertama

Leave A Reply

Your email address will not be published.