Unsyiah Career Day : PLN Sosialisasi Rekrutmen Online untuk Jenjang S1, D-IV dan D-III

16

Jakarta, 10 Maret 2017 – PLN kembali membuka rekrutmen pegawai jenjang S1, D-IV, dan D-III di Unsyiah Career Day. Acara ini berlangsung di Auditorium Universitas Syiah Kuala, Aceh pada 15-16 Maret 2017. Ini adalah kali ke-2 PLN berpartisipasi dalam acara Career Day yang digelar oleh perguruan tinggi negeri tertua di Aceh tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit unggul terbaik di seluruh wilayah di Indonesia yang memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai dengan klasifikasi kebutuhan PLN.

Rekrutmen jenjang S1/D-IV diperuntukkan bagi jurusan Teknik Mesin, Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Lingkungan, dan Teknik Industri. Sementara rekrutmen jenjang D-III diperuntukkan bagi jurusan Teknik Mesin, Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia. Pelamar akan melewati serangkaian tes seleksi yang terdiri dari :
a. Seleksi Administrasi
b. Tes Intelegensi
c. Tes Akademis dan Bahasa Inggris
d. Tes Psikologi
e. Tes Kesehatan
(Kepada pelamar penyandang disabilitas, diberlakukan persyaratan khusus sesuai kebutuhan dan ketentuan yang berlaku)
f. Wawancara
g. Diklat Prajabatan
Tes seleksi akan diselenggarakan di Banda Aceh.

Sebelumnya PLN juga membuka rekrutmen pegawai di UGM Career Days pada 25 – 26 Februari 2017. Melalui rekrutmen ini, PLN mampu menjaring 3.646 pelamar.

“Kami kembali membuka rekrutmen pegawai untuk jurusan teknik karena adanya kebutuhan dalam pengerjaan Program 35.000 MW. Kami membutuhkan pegawai-pegawai terbaik dengan dedikasi tinggi yang dapat mendukung penyelesaian program pemerintah tersebut. Tahun ini PLN masih membutuhkan tambahan 6.056 pegawai untuk mengejar rasio elektrifikasi di tahun 2019,” jelas Kepala Satuan Komunikasi Korporat I Made Suprateka. Aplikasi Rekrutmen PLN Online

Pada Unsyiah Career Day kali ini, PLN hanya akan memberikan sosialisasi penggunaan aplikasi rekrutmen online dan tidak menerima berkas pelamar di tempat seperti acara job fair sebelumnya. Aplikasi rekrutmen online merupakan sistem rekrutmen baru melalui aplikasi berbasis web yang dapat diakses di rekrutmen.pln.co.id. Sistem ini sudah diterapkan sejak 25 Februari 2017.

Aplikasi ini memungkinkan siapapun untuk melihat tentang rekrutmen PLN dan lowongan yang dibuka. Pelamar cukup masuk ke aplikasi dan mendaftar sebagai member dengan menyiapkan soft copy KTP, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran, dan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEFL prediction, TOEIC dan IELTS). Sistem rekrutmen baru ini diharapkan dapat mempermudah PLN dalam menjaring tenaga-tenaga kerja unggul.

“Aplikasi ini sangat mempermudah peserta dalam mendaftar dan memantau hasil tes mereka dimanapun dan kapanpun. Sementara dari sisi PLN, aplikasi ini meningkatkan pengelolaan rekrutmen yang lebih profesional, cepat dan transparan. Dengan single database, kami dapat meningkatkan akurasi data secara real time,” ungkap Made.

Terkait pembukaan lowongan pekerjaan, PLN menghimbau agar pelamar berhati-hati terhadap penipuan informasi rekrutmen.

“Saat ini marak sekali penipuan seputar rekrutmen PLN. Oleh karenanya, mohon pelamar berhati-hati. Proses rekrutmen PLN hanya dilakukan melalui situs rekrutmen terbaru kami, yakni rekrutmen.pln.co.id, hanya itu saja tidak ada jalur yang lain,” tambah Made.

Oleh karena itu, beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para pelamar kerja diantaranya adalah:
1. PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen
2. PLN tidak bekerjasama dengan pihak lain termasuk biro travel perjalanan untuk program rekrutmen;
3. PLN hanya melakukan proses rekrutmen melalui situs rekrutmen.pln.co.id;
4. PLN tidak memunggut biaya apapun dalam proses rekrutmen;
5. Tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi
6. Masyarakat diharapkan berhati-hati dengan modus penipuan yang memanfaatkan program rekrutmen PLN.
7. Masyarakat diharapkan melakukan pengecekan melalui website resmi pln www.pln.co.id atau Contact Center PLN 123, yaitu telefon (kode area) 123, twitter @pln_123, email [email protected], dan Facebook PLN 123.

Segala informasi rekrutmen PT PLN (Persero) juga dapat dilihat pada situs resmi www.pln.co.id.

Kontak:
I Made Suprateka
Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
HP. 0811-194-260
Email. [email protected]

Source Unsyiah Career Day : PLN Sosialisasi Rekrutmen Online untuk Jenjang S1, D-IV dan D-III

Leave A Reply

Your email address will not be published.