Unik! Gerbang Tol Pekanbaru Jadi Tempat Upacara HUT ke-74 RI

10

19 Agustus 2019 | Pekanbaru – PT Hutama Karya (Persero) sebagai koordinator (PIC) bersama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) kembali bersinergi untuk menyukseskan rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) di Provinsi Riau. Kali ini, ketiga BUMN tersebut mengelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 RI di gerbang tol Pekanbaru.

Tol tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, Ruas Pekanbaru-Dumai yang sedang di bangun oleh Hutama Karya. Diagendakan pula Jalan Sehat dan Pesta Rakyat pada (18/8/2019) bertempat di Stadion Tenis PTPN V Pekanbaru.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan ini harus dapat dimaknai oleh seluruh rakyat dan bangsa Indonesia.

“Pemerintah mengisi kemerdekaan dengan terus menyejahterakan lewat Pembangunan infrastruktur dan juga Sumber Daya Manusia (SDM) menuju Indonesia Maju,” ujar Bintang dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/8/2019).

Bintang menambahkan, kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini digelar meriah dengan melibatkan segenap unsur masyarakat Provinsi Riau. Dihadiri lebih dari 1.200 peserta upacara dari Hutama Karya, PNM, PTPN V, perwakilan undangan dari unsur Pemerintah Provinsi Riau dan masyarakat serta Siswa Mengenal Nusantara.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan pula bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) secara simbolis yang terdiri dari bantuan CSR Infrastruktur dan Pendidikan Hutama Karya senilai Rp 5.096.845.212, bantuan Bina Lingkungan dan CSR PT HK Infrastruktur senilai Rp 260 juta dan bantuan Bina Lingkungan dan CSR PTPN V senilai Rp 2,5 miliar. Selain itu juga diberikan beasiswa untuk 30 Anak PMN senilai Rp 54 juta dan bantuan Taman Bacaan SMAN 13 Pekanbaru senilai Rp 60 juta.

Bintang menjelaskan, sesuai dengan mandat Pemerintah RI yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 yang diperbarui melalui Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2015, Hutama Karya mendapatkan penugasan pembangunan dan pengusahaan 24 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sepanjang kurang lebih 2.765 km. Penugasan ini pada awalnya terdiri dari 8 ruas prioritas, namun dalam perkembangannya terdapat 4 ruas prioritas tambahan.

Sampai dengan saat ini Hutama Karya tengah membangun 604 km Jalan Tol Trans Sumatera. Di Pekanbaru, JTTS Ruas Pekanbaru-Dumai yang terbagi menjadi 6 seksi, Hutama Karya memaparkan optimis akan bisa beroperasi di akhir tahun 2019 sepanjang 131 km.

Sementara ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 185 km direncanakan akan diresmikan langsung oleh Presiden RI pada September 2019 dan siap beroperasi. Adapun sisa 33 km dari ruas tersebut yaitu Kayu Agung-Betung, yang akan tersambung hingga Palembang, konsesinya dimiliki oleh pihak lain.

Sedangkan di Sumatera Utara yaitu ruas Medan-Binjai, Hutama Karya telah menyelesaikan pembangunan jalan tol seksi 2 dan 3 sepanjang 11 km sedangkan untuk seksi 1 progres konstruksi telah mencapai 91%.

Turut hadir dalam upacara tersebut Staf Khusus 1 Kementerian BUMN Sahala Lumban Gaol, Komisaris Utama Hutama Karya, Burhanuddin, Komisaris Hutama Karya Adityawarman, Komisaris Hutama Karya Musyafak, Direktur Operasi III Hutama Karya Sugeng Rochadi, Direktur Human Capital & Pengembangan Putut Ariwibowo.

Kemudian Sekretaris Perusahaan Muhammad Fauzan, Direktur Kepatuhan dan Management Resiko PNM Muhamad Qudrat Gunadi, Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa, Direktur Operasional PTPN V BalamanTarigan, Direktur Komersil PTPN V M Arwin Nasution, Direktur Anak Perusahaan Hutama Karya, Pimpinan Proyek dan Kepala Proyek JTTS Ruas Pekanbaru-Dumai.

Source Unik! Gerbang Tol Pekanbaru Jadi Tempat Upacara HUT ke-74 RI

Leave A Reply

Your email address will not be published.