Uji Coba Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelindo 1 Sandarkan Kapal Tanker 45.000 DWT

9
24 April 2018 — Kapal tanker MT Mars dengan 45.000 deadweight tonnage (DWT/bobot mati) berbendera Tuvalu dengan panjang 183 meter dan draft (sarat air kapal) 13 meter, Kamis (19/4) sandar di dermaga Terminal Multipurpose, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara.

Proses olah gerak dan sandar/lepas yang dilakukan MT Mars di Pelabuhan Kuala Tanjung tersebut merupakan rangkaian kegiatan uji coba yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1, menjelang rampungnya pembangunan pelabuhan itu.

Ka Humas PT Pelindo 1 Fiona Sari Utami melalui siaran pers menyebutkan, dalam uji coba itu, MT Mars melakukan dua kali sandar pada sisi dermaga kontainer dan curah cair dengan dorongan 2 kapal tunda. Dikatakannya, dengan terlaksananya uji coba tersebut, Pelabuhan Kuala Tanjung akan beroperasi secara komersial.

Sebelumnya, Direktur Operasional PT Prima Multi Terminal Asmo Budi mengatakan, kegiatan uji coba sandar lepas MT Mars itu, merupakan salah satu persyaratan untuk mendapatkan ijin operasinal Pelabuhan Kuala Tanjung dari Kementerian Perhubungan.

Disebutkan, dipilihnya MT Mars dalam kegiatan uji coba tersebut, karena memiliki bobot mendekati atau sesuai dengan kapasitas dermaga multipurpose, Pelabuhan Kuala Tanjung.

Source Uji Coba Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelindo 1 Sandarkan Kapal Tanker 45.000 DWT

Leave A Reply

Your email address will not be published.