Twin World Heritage Program: Taj Mahal dan Candi Prambanan

135

10 September 2018 | Untuk meningkatkan awareness Wisatawan Mancanegara serta mensejajarkan posisi Candi Borobudur dan Candi Prambanan dengan 10 destinasi World Heritage versi Trip Advisor 2017, Manajemen PT. TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melaksanakan Program Twin World Heritage. Program ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kementrian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Republik Indonesia dibeberapa Negara.

Program Twin World Heritage dilaksanakan sejak tahun 2017, adapun yang telah bekerjasama yaitu Candi Borobudur dengan Machu Picchu, Peru. Pada bulan Juli 2018, TWC melaksanakan kerjasama dengan Archaeological Survey of India (ASI) dibawah Kementerian Kebudayaan India, program twin world heritage antara Taj Mahal dengan Candi Prambanan.

Direktur Utama TWC, Edy Setijono, mengungkapkan bahwa dengan adanya program Twin World Heritage ini kekayaan budaya Indonesia khususnya masterpiece Candi Borobudur dan Candi Prambanan dapat lebih dikenal luas oleh Wisatawan Dunia dan sejajar keberadaannya dengan destinasi Heritage terkemuka Dunia serta kegiatan ini dapat menjadi bagian dari diplomasi budaya bangsa Indonesia.

Program Twin World Heritage ini bertujuan untuk sinkronasi budaya / harmonisasi budaya dunia, menguatkan branding Candi Borobudur dan Candi Prambanan ketingkat Internasional yang setara dengan World Heritage lainnya, serta exchange market dari masing-masing destinasi. Bentuk kerjasama yang dilakukan yaitu joint promotion, pengembangan SDM pengelolaan World Heritage, bundling tiket, joint exhibition, exchange market dan pertukaran budaya.

Source Twin World Heritage Program: Taj Mahal dan Candi Prambanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.