Transaksi Pelabuhan Tanjung Pinang Beralih ke Elektronik

12

30 Juli 2018 | PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) resmi menerapkan sistem e-pass di Terminal Penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura. Langkah ini ditandai dengan grand launching pada Minggu (29/7).

“Artinya, pembayaran pas masuk pelabuhan di pelabuhan ini yang awalnya dilakukan secara manual, kini dilakukan secara elektronik. Sistem ini merupakan pilot project untuk transaksi non tunai yang pertama kali diterapkan di seluruh pelabuhan di Indonesia,” kata Direktur SDM dan Umum, M. Hamied Wijaya, melalui pernyataan resmi pada Minggu (29/7).

Pembayaran pas masuk pelaabuhan secara elektronik diterapkan sejak 15 Juli 2018. Sistem transaksi non tunai ini disambut baik oleh Bank Indonesia untuk mendukung pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

“Sehingga, untuk mendukung kesuksesan program tersebut, Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang bersama sejumlah bank membagikan kartu e-money gratis kepada masyarakat,” ujarnya.

Terminal Penumpang Sri Bintan Pura juga telah menerapkan sistem e-berthing yang digunakan untuk pelayanan tambatan kapal secara online yang bisa diakses dengan menggunakan selular.

“Ke depannya, di pelabuhan Sri Bintan Pura juga akan menerapkan e-parking, e-ticket, dan distribusi pembayaran elektronik lainnya sehingga menjadi smart terminal untuk langkah yang efektif dan efisien,” tambahnya.

General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang, I Wayan Wirawan, menambahkan semua transaksi di Pelabuhan Sri Bintan Pura akan menggunakan sistem transaksi non tunai.

“Kami memudahkan para pengguna jasa ataupun masyarakat yang ingin menggunakan layanan di pelabuhan. Pengguna jasa cukup mengakses permintaan layanan mellaui smartphone, sedangkan masyarakat cukup menempelkan kartu ke mesin yang disediakan,” papar Wayan.

Source Transaksi Pelabuhan Tanjung Pinang Beralih ke Elektronik

Leave A Reply

Your email address will not be published.