Tingkatkan Layanan Navigasi Penerbangan di Bandara Enclave, AirNav-TNI AU Lakukan Sosialisasi

15

30 Oktober 2017 | Yogyakarta – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI/AirNav Indonesia) bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) melaksanakan sosialisasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara AirNav Indonesia dengan TNI AU di Yogyakarta pada hari ini (26/10). Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan navigasi penerbangan khususnya di bandar udara dan pangkalan udara yang dikelola oleh TNI AU.

Perjanjian Kerja Sama ini merupakan turunan dari Nota Kesepahaman antara AirNav Indonesia dengan TNI AU Nomor NK/6/III/2015 dan Nomor PJJ.04.04/00/LPPNPI/03/2015/001 tanggal 10 Maret 2015 tentang Pelayanan Navigasi Penerbangan. Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto, berharap melalui sosialisasi ini tugas pokok, fungsi dan kewenangan personel navigasi penerbangan di lapangan menjadi lebih detail dan komprehensif sehingga kualitas layanan navigasi penerbangan yang diberikan dapat lebih ditingkatkan.

“PKS ini meliputi operasi layanan navigasi penerbangan, pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN), pendayagunaan aset dan masa berlakunya. Sosialisasi ini sangat krusial bagi seluruh personel navigasi penerbangan dari kedua belah pihak agar memiliki kesamaan persepsi mengenai tugas dan fungsi masing-masing. Setelah sosialisasi ini dilakukan, harapannya kinerja mereka lebih optimal dan layanan navigasi penerbangan dapat lebih selamat, aman dan efisien,” ujarnya.

Sosialisasi kali ini mengundang pihak-pihak yang terlibat dalam operasional layanan navigasi penerbangan baik dari Bandar Udara dan Pangkalan Udara TNI AU maupun Kantor Cabang AirNav Indonesia terkait. Peserta yang hadir antara lain dari Lanud Adisutjipto, Lanud Adi Soemarmo, Lanud Husein Sastranegara, Lanud Abdulrachman Saleh, Lanud Halim Perdanakusuma, serta dari AirNav Indonesia Kantor Cabang Madya Yogyakarta, Kantor Cabang Pratama Solo, Kantor Cabang Pratama Bandung, Kantor Cabang Pratama Halim dan Kantor Cabang Pembantu Malang. Rencananya, sosialisasi juga akan dilakukan di dua kota lainnya yakni Medan dan Makassar.

“Selanjutnya PKS ini akan diturunkan ke dalam Letter of Operation Coordination Agreement (LOCA) antara Cabang AirNav Indonesia dengan Bandar Udara atau Pangkalan Udara TNI AU setempat,” kata Novie. LOCA ini, lanjutnya, menyangkut hal-hal yang jauh lebih detail dan teknis serta menjadi dasar dalam penyusunan standard operation procedure (SOP) terkait layanan navigasi penerbangan bagi kedua belah pihak.

“Kami sangat mengapresiasi kolaborasi dan sinergi luar biasa yang telah terjalin dengan TNI AU selama ini. Semua yang kami lakukan tentunya demi peningkatakan kualitas penerbangan Indonesia sehingga dapat menjamin kedaulatan ruang udara dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (USH)

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Corporate Secretary Perum LPPNPI

Didiet K. S. Radityo

0818905108

Source Tingkatkan Layanan Navigasi Penerbangan di Bandara Enclave, AirNav-TNI AU Lakukan Sosialisasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.