Tingkatkan Kinerja, Pelindo III Datangkan Peralatan Bongkar Muat

13

06 Januari 2016

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyatakan, untuk meningkatkan kinerja bongkar muat peti kemas, perseroan mendatangkan peralatan bongkar muat pada tahun 2015 lalu. Peralatan-peralatan bongkar muat itu disebar di sejumlah pelabuhan yang menjadi kelolaan operator tersebut.

“Untuk fasilitas di Pelabuhan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ditambah dengan empat unit ship to shore (STS) crane baru. Terminal Peti Kemas Semarang di Pelabuhan Tanjung Emas, Jawa Tengah, juga telah ditambah dua unit STS crane,” ujar Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto dalam siaran tertulisnya yang diterima Investor Daily di Jakarta, Rabu (6/1). Sebelumnya, jelasnya, pada September tahun lalu, Pelindo III telah mendatangkan tambahan peralatan bongkar muat berupa dua unit unit Grab Ship Unloader (GSU) di Terminal Teluk Lamong dan dua unit STS Crane untuk Terminal Nilam, Pelabuhan Tanjung Perak.

BUMN operator pelabuhan tersebut juga melakukan strategi relokasi peralatan yakni dengan perpindahan peralatan antar pelabuhan yang membutuhkan. Satu unit STS Crane dari Terminal Nilam, Pelabuhan Tanjung Perak telah direlokasi ke Pelabuhan Tenau Kupang, NTT. Serta di Pulau Kalimantan, ada dua STS Crane dari Pelabuhan Banjarmasin direlokasi ke Pelabuhan Bagendang, Sampit. “Strategi relokasi peralatan dapat memastikan pelabuhan cabang untuk mengimbangi kinerja pelabuhan utama, sehingga dapat mendukung kegiatan perekonomian daerah setempat,” ujar Edi.

Tak hanya peralatan bongkar muat peti kemas jenis container crane yang disiapkan untuk mengantisipasi sekaligus meningkatkan kinerja bongkar muat petikemas, Pelindo III juga melakukan pengadaan fixed crane yaitu sebanyak dua unit di Pelabuhan Batulicin Kotabaru dan dua unit di Pelabuhan Lembar NTB. Selain itu, penempatan empat unit fixed crane dilakukan di Pelabuhan Gresik. “Bentuk dukungan Pelindo III di antaranya adalah pemberian privilege terhadap perusahaan pelayaran untuk melakukan ekspansi rute yang baru dirintis serta jaminan kemudahan dalam hal pelayanan dan penyediaan fasilitas,” jelas Edi.

Source Tingkatkan Kinerja, Pelindo III Datangkan Peralatan Bongkar Muat

Leave A Reply

Your email address will not be published.