Tingkatkan Keselamatan di Pelabuhan, Pelindo III Gelar Sertifikasi P3K

25

20 April 2016

Banjarmasin – PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo III kembali mengadakan sertifikasi untuk Petugas Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (20/4). Pelatihan dan sertifikasi tersebut dimulai dari tanggal 18-20 April 2016 dan dikuti oleh karyawan dari sejumlah pelabuhan yang dikelola Pelindo III di Kalimantan, seperti Pelabuhan Kotabaru, Kumai, dan Sampit.

Pada hari pertama dan kedua peserta diberikan materi dan pengarahan terkait pertolongan serta penyelamatan pertama pada kecelakaan, seperti penanganan pada asma, patah tulang leher, cara membalut dislokasi tulang, dan teknik kedaruratan lain.

“Kemampuan pekerja dalam memberikan pertolongan pertama pada korban merupakan salah satu unsur terpenting dari sistem tanggap darurat medis,” ujar Heri Suwarsono selaku praktisi dan pakar paramedis yang sudah berpengalaman internasional yang menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan P3K diselenggarakan sebagai bentuk pemenuhan terhadap peraturan perundangan yang terkait, yakni UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Permenakertrans No. 15 Tahun 2008 tentang P3K. Pelatihan tersebut juga sebagai upaya mencetak penolong pertama pada kecelakaan atau First Aider guna menciptakan Sistem Tanggap Darurat Medik yang handal. Heri mengungkapkan, kemampuan melakukan pertolongan pertama First Aider harus terus dilatih secara periodik. Karena kecelakaan dapat terjadi di mana saja, baik itu di rumah, di jalan, maupun tempat kerja yang mana hakikatnya sumber daya manusia termasuk aset berharga bagi perusahaan.

“Walaupun kecelakaan tidak diharapkan, namun kemampuan memberikan pertolongan menjadi penting dalam upaya membantu menyelamatkan korban,” ujar Wahab sebagai perwakilan Nusantara Traisser, perusahaan jasa keamanan dan keselamatan kerja (PJK3).

Setelah mendapatkan pengarahan dan pelatihan, hari terakhir akan dilakukan tes. Bagi peserta pelatihan yang memenuhi syarat kelulusan akan mengantongi sertifikat atau lisensi sebagai petugas P3K (First Aider) dari Dinas Ketenagakerjaan.

“Dengan adanya pelatihan dan sertifikasi ini, saya jadi lebih waspada dalam menanggulangi kecelakan, apalagi sebagai penolong pertama saya harus lebih sigap menanganinya,” ujar Emil Noor Janah, salah satu peserta pelatihan.

Source Tingkatkan Keselamatan di Pelabuhan, Pelindo III Gelar Sertifikasi P3K

Leave A Reply

Your email address will not be published.