Tingkatkan Kemandirian Masyarakat Pekanbaru

14

26 Februari 2018 — Pertamina Marketing Operation Region I (MOR I) bekerja sama dengan FLIPMAS terus mengembangkan Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM). Kali ini, KEM mulai dikembangkan di Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, Provinsi Riau.

Saat ini, KEM Pekanbaru ditanami tanaman pangan seperti cabai, kangkung, kacang panjang serta kolam ikan lele dan area ternak kambing maupun bebek di area lahan seluas 1,5 hektar. Hasil dari bertani dan budidaya ikan serta ternak tersebut dapat dijual oleh warga. Bahkan untuk panen perdana mencapai 450 kg ikan lele serta 400 ikat kangkung dan kacang panjang yang baru dirintis hanya dalam waktu 3 bulan.

“Sebagai wujud dukungan perusahaan agar masyarakat sekitar wilayah operasi mandiri, kami  bekerja sama dengan Flipmas Batobo Wilayah Riau-Kepri memberikan pembinaan pemanfaatan lahan yang marjinal serta penyediaan peralatan hingga pembibitan untuk sektor pertanian, peternakan, dan perikanan,” ujar Unit Manager Comm & CSR MOR I, Rudi Ariffianto.

Hal senada disampaikan Ketua Flipmas BATOBO Padil. “Pembinaan dilakukan oleh dosen-dosen sesuai bidangnya masing-masing sebagai wujud pengabdian bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara Ketua kelompok KEM Pekanbaru Gusrianto selaku mengungkapkan terima kasih atas bantuan Pertamina yang memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat khususnya kelompok KEM di Pekanbaru.”Dahulu lahan ini gersang. Namun berkat pembinaan dari Pertamina, lahan ini bisa menghasilkan nilai ekonomis bagi kami,” ungkap Gusrianto.

Source Tingkatkan Kemandirian Masyarakat Pekanbaru

Leave A Reply

Your email address will not be published.