Tingkatkan Kekompakan dan Soliditas, Wujudkan Indahnya Kebersamaan di Pupuk

11

14 Februari 2019 | Guna memotivasi karyawan agar lebih terdorong meningkatkan kinerja dan produktivitas, Pupuk Kaltim kembali menggelar Sharing Knowledge bertajuk “Indahnya Kebersamaan di Pupuk Indonesia Grup”, di Ruang Pirus Hotel Grand Equator Bontang pada 13 Februari 2018. Kegiatan yang dirangkaikan monitoring rutin ini menghadirkan Guru Besar Ma’had Aly Baiturrahman Bandung, sekaligus pengasuh Program Indonesia Berzikir Prof. Dr. Hambali, diikuti jajaran Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim, serta ratusan karyawan dari seluruh unit kerja.

Pada paparannya, Hambali menekankan pentingnya motivasi dalam diri karyawan, guna mencapai kinerja unggul dan produktif. Dilihat dari perspektif agama, motivasi bisa diartikan sebagai niat, berupa aura positif yang terimplementasi melalui kekuatan untuk berbuat sesuatu dan menjadi luar biasa. Jika diselaraskan dengan dunia industri, niat merupakan pondasi awal pencapaian kinerja produktif untuk mendorong diri berbuat yang terbaik, serta menjadikan perusahaan sebagai tempat yang patut didukung perkembangannya.

Khususnya para milenial, diimbau Hambali dapat memperkuat niat dengan memberikan kontribusi terbaik bagi Pupuk Kaltim, melihat perkembangan Perusahaan di masa datang merupakan tanggungjawab generasi muda Pupuk Kaltim untuk melanjutkan estafet perjuangan melalui peningkatan produktivitas dan kinerja di seluruh unit kerja. “Jangan mudah terpengaruh dan terprovokasi hal-hal negatif, tapi ciptakan prestise dari prestasi yang dicapai,” papar Hambali.

Ditambahkannya, prestise bisa dicapai dengan menjaga kekompakan dan soliditas antar karyawan, sebagai representasi niat yang ditanamkan. Juga memiliki kinerja disiplin, serta tidak mudah puas dengan menjadikan proses sebagai tantangan, termasuk mempertimbangkan faktor pendukung dan faktor penghambat. Maka penting bagi milenial Pupuk Kaltim memahami konsep niat dalam kerangka motivasi diri di dunia industri, dengan tetap berjiwa dinamis serta inovatif. Apalagi tantangan milenial akan jauh lebih kompleks dibanding generasi saat ini, berpedoman pada kekuatan mata rantai sebagai sebuah sistem. “Begitu juga dengan keluarga besar Pupuk Kaltim, terus jaga kebersamaan dalam meningkatkan kinerja untuk memotivasi produktivitas kerja. Karena tak akan ada prestasi tanpa kebersamaan,” papar Hambali.

Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim Meizar Effendi, berharap dengan kegiatan ini seluruh karyawan dapat meningkatkan wawasan, sekaligus memotivasi diri agar lebih produktif dalam menghadapi tantangan perusahaan yang kian kompleks. Dikatakan Meizar, capaian prestasi 2018 lalu pun menuntut Perusahaan lebih aktif dan produktif, khususnya peningkatan realisasi target yang diamanahkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Hal ini diharap jadi perhatian seluruh karyawan agar pengembangan dan produksi Perusahaan dapat sejalan dengan target yang diharapkan. “Terus motivasi diri agar lebih baik dan tingkatkan soliditas serta kinerja unggul di seluruh unit kerja,” kata Meizar.

Turut hadir Kepala Pusat Pelatihan Pupuk Indonesia Grup Saifullah Lasindrang, menyampaikan amanat Direktur Utama Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat. Dikatakan Saifullah, ada dua catatan yang diharap jadi perhatian karyawan di PI Grup, karena dinilai sangat berpengaruh terhadap pencapaian target 2019, diantaranya berkaitan dengan tahun politik 2019. Perbedaan pilihan pada Pemilihan Presiden dan Legislatif, diimbau tidak menjadi bibit perpecahan antar karyawan. Seluruh karyawan diimbau tidak membawa pemikiran politik dengan mempengaruhi atau menjatuhkan pihak lain di lingkungan Perusahaan. Namun mampu menjaga soliditas serta kekompakan, siapapun calon yang didukung.

Selanjutnya, seluruh karyawan diimbau tidak membuat atau menyebar kabar bohong (hoax), mengingat lebih dari 50% karyawan Pupuk Kaltim merupakan milenial dan rentan dipengaruhi berbagai isu miring yang belum tentu kebenarannya. “Begitu pula dengan senior, dapat terus membekali juniornya melalui transfer knowledge sesuai bidang kerja masing-masing, agar soliditas dan produktivitas terjaga dengan baik dalam mencapai target Perusahaan,” imbau Saifullah Lasindrang.

Source Tingkatkan Kekompakan dan Soliditas, Wujudkan Indahnya Kebersamaan di Pupuk

Leave A Reply

Your email address will not be published.