Tingkatkan Efisiensi Bisnis dengan ERP

7

27 April 2016

Gresik – Peningkatan efisiensi operasi bisnis dan efektivitas pengambilan keputusan diperlukan untuk sebuah perusahaan besar. Untuk itu, diperlukan sistem informasi manajemen terintegrasi guna mendukung pengelolaan bisnis beserta sumber daya pendukungnya. Disinilah sistem ERP (Enterprise Resource Planning) atau Perencanaan Sumber Daya Perusahan diperuntukkan menjadi tulang punggung dalam menjalakan bisnis.

Kalimat tersebut merupakan pembuka dari penjelasan mengenai sosialisasi sistem ERP yang disampaikan oleh Abdul Rofiq Fanany selaku Pimpinan Proyek Implementasi ERP PT Pelindo III (Persero), Rabu (27/04) yang bertempat di Ruang Rapat Pelabuhan Gresik.

“Proyek ini diberi nama i-Change, tujuannya agar kita dapat melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik tidak hanya SDM-nya saja tetapi juga dalam sistem operasi bisnis,” ujarnya.

Sosialisasi ini diadakan dengan melibatkan semua pegawai dari berbagai divisi, baik dari operasional maupun non-operasional. Seluruh pegawai diberi informasi yang sama untuk mengetahui bagaimana bisnis proses perusahaan, sehingga pengetahuan tidak hanya terfokus di pihak manajemen saja.

“Inovasi bisnis perlu dilakukan terutama di era digital sekarang ini. Jadi semua pegawai yang bekerja di Pelabuhan Gresik harus mengetahui perubahan apa saja yang dilakukan oleh manajemen, sehingga kedepannya bisa mengimplementasikan secara cepat dan tangap di masing-masing pekerjaannya”, ujar Onny Djayus, General Manager Pelabuhan Gresik.

Keuntungan yang didapatkan dalam penggunaan ERP yaitu adanya sentralisasi sistem informasi dari seluruh cabang. Proses bisnis maupun sistem informasi dari seluruh unit kerja akan terintegrasi sebagai single source of truth, transparansi proses guna mendukung Good Corporate Governance juga mengurangi kompleksitas adminitrasi sehingga adanya percepatan dalam pengambilan keputusan. Tidak hanya keuntungan dari ERP yang diperoleh, keuntungan lain dalam penerapan SAP (System Analysis and Program Development)berupa perencanaan dan monitoring pemeliharaan peralatan secara tersistem, terpusatnya laporan keuangan, juga sedikitnya kertas yang akan digunakan dikarenakan sudah bisa terkoneksi satu sama lain yang mana juga mendukung program go green yang digalakkan oleh Pemerintah Indonesia.

“Penerapan ERP ini akan go live di Pelindo III mulai tanggal 1 Januari 2017 sesuai dengan roadmap yang telah disepakati. Sedangkan untuk SAP sudah dimulai sejak Maret 2016 di semua cabang. Perubahan ini membutuhkan proses tidak langsung jadi, karena itu kita masih belajar untuk terus meningkatkan kualitas,” tutur Agus May Suryanto, Manajer Integrasi ERP dan Aplikasi Korporat dalam penjelasannya.

Source Tingkatkan Efisiensi Bisnis dengan ERP

Leave A Reply

Your email address will not be published.