Tim Selam Rusia Pencari AirAsia Bermarkas di Kantor Kecamatan

12

05 Januari 2015

Tim penyelam dari Rusia yang membantu proses pencarian dan evakuasi kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 bermarkas di Kantor Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. “Sebelumnya mereka mau bermarkas di Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Namun, tidak memungkinkan untuk peralatan mereka. Akhirnya dipindah ke kantor kecamatan,” kata General Manajer PT Pelindo III Cabang Kumai Budi Setiyono di Kotawaringin Barat, Minggu (4/1/2015).

Ia mengatakan Pelindo juga telah menyediakan beberapa unit kendaraan untuk mobilitas dan operasional tim penyelam dari Rusia. Pada Minggu dini hari, sebanyak 17 penyelam Rusia diterjunkan ke laut, sedangkan sisanya siaga di markas mereka. Para penyelam Rusia tersebut dalam menjalankan misinya menggunakan KP Balam milik Direktorat Polisi Perairan Mabes Polri pada Minggu dini hari.

Mereka kemudian dipindahkan ke kapal Crest Onyx untuk ditransfer ke KRI Banda Aceh yang melakukan operasi pencarian dan evakuasi. Budi mengatakan telah berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional dan berbagai pihak terkait dalam proses pencarian dan evakuasi korban kecelakaan pesawat AirAsia. Pelindo III Cabang Kumai menyediakan logistik dan pasokan air bersih untuk kapal-kapal yang terlibat dalam proses pencarian dan evakuasi.

“Kami juga membuka dua posko sejak 30 Desember 2014 berlokasi di samping kantor kami dan samping kantor KSOP. Namun karena kurang efektif, posko di kantor kami dipindahkan ke terminal penumpang,” tuturnya. Pada hari kedelapan proses pencarian dan evakuasi, tim gabungan kembali menemukan empat jenazah yang terapung di laut. Sebelumnya, tim gabungan pencarian dan evakuasi telah menemukan 30 jenazah penumpang pesawat AirAsia yang sudah diterbangkan ke Surabaya. Jenazah dibawa ke Surabaya untuk diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri yang berpusat di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jawa Timur.

Pesawat AirAsia Indonesia QZ8501 rute Surabaya-Singapura hilang kontak dari pusat pengendali lalu lintas udara pada Minggu (28/12/2014). Pesawat QZ8501 berjenis Airbus A320-200 dengan registrasi PK-AXC membawa 155 penumpang terdiri dari 137 orang dewasa, 17 anak-anak, dan satu bayi. Selain itu, juga terdapat dua pilot, empat awak kabin dan seorang teknisi.

Source Tim Selam Rusia Pencari AirAsia Bermarkas di Kantor Kecamatan

Leave A Reply

Your email address will not be published.