Tiga Indra dan Cangkir untuk Menikmati Teh

20

19 Juni 2015  — Jakarta  CNN Indonesia Teh sudah menjadi minuman populer di tengah masyarakat. Orang biasa sekadar menyeruput saat bersantai atau menenggak teh ketika membutuhkan tenaga dalam waktu sekejap. Tak hanya tegukan, orang juga sering kali tak peduli dengan wadah teh disajikan. Ada yang menggunakan gelas, cangkir, bahkan mangkuk kecil.

Namun, seorang pencinta teh menganggap bahwa cara menikmati merupakan bagian dari apresiasi. Menurut Manajer Pemasaran TWG Tea Indonesia, Trixie Anindita, teh seharusnya dinikmati dengan tiga indra manusia. Untuk memaksimalkan sensasi yang diterima ketiga indra tersebut, dibutuhkan cangkir yang tepat. Sebelum meminum teh, hal pertama yang harus diapresiasi adalah warna teh. Dari kepekatan warna, orang sudah dapat memprediksi jenis teh dan mengapresiasinya.

“Jadi, pertama adalah indra penglihatan. Oleh karena itu, warna cangkir harus putih agar bisa melihat warna teh,” ujar Trixie kepada CNN Indonesia. Setelah melihat warna teh, orang akan mulai mendekatkan cangkir ke mulut. Saat inilah, indra selanjutnya bekerja. “Kedua indra penciuman untuk menghirup aroma yang tentunya berbeda untuk setiap jenis teh,” kata Trixie. Untuk dapat menikmati aroma teh secara maksimal, dibutuhkan wadah yang rendah dan melebar. Dengan cangkir seperti ini, aroma dapat menyebar dengan mudah.

Akhirnya, indra perasa mengecap rasa teh. Menurut Trixie, teh harus langsung dapat dirasakan di ujung lidah. “Untuk itu, pinggiran cangkir harus lebih tipis dari mug pada umumnya sehingga pertama kali orang menyeruput langsung ke ujung lidah,” ucap Trixie. Selain itu, Trixie juga menyarankan agar daun atau kantong teh tidak direndam terlalu lama di dalam gelas. Teh juga harus disimpan di teko dengan sistem penghangat. “Kalau sudah dingin pasti akan mengendap dan rasanya akan pahit. Bukan begitu cara mengapresiasi teh,” tuturnya.

Source Tiga Indra dan Cangkir untuk Menikmati Teh

Leave A Reply

Your email address will not be published.