Tidak Ada Kata Mundur

12

15 April 2016

Semarang – “Change Management is a dolphin, not a whale” demikianlah sepenggal kalimat yang disampaikan oleh Pimpinan Proyek implementasi ERP (Enterprise Resource Planning), Abdul Rofiq Fanani dalam Toward ICT – Based Enterprise Workshop Regional East and Central Java yang dilaksanakan pada hari kamis (14/4) di Semarang. Maksud dari kalimat tersebut adalah, perubahan harus dilakukan secara bertahap, dengan gelombang yang tidak terlalu besar seperti halnya lompatan lumba- lumba, bukan dengan perubahan yang extreme dan menimbulkan gelombang besar seperti lompatan Paus.

Hal inilah yang juga diterapkan di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Secara bertahap, Pelindo III akan meninggalkan sistem manual dan menggantikannya dengan system berbasis IT. Implementasi SAP di Pelindo III juga merupakan transformasi ke arah yang lebih modern.

“Namun harus diingat, bahwa SAP ini hanyalah sekedar alat” lanjut Abdul Rofiq Fanani. Menurutnya hal yang jauh lebih penting adalah kesiapan dari sumber daya manusia yang akan memanfaatkan alat tersebut.

Sedangkan untuk Enterprise Resource Planning sendiri merupakan sistem informasi manajemen terintegrasi untuk mendukung pengelolaan bisnis beserta sumber daya pendukungnya. Semua sistem tersebut nantinya akan menjadi tulang punggung dalam peningkatan efisiensi operasional bisnis serta mengefektifkan pengambilan keputusan. Menanggapi hal tersebut, direktur Teknik dan Teknologi Informasi Pelindo III Husein Latief mengungkapkan bahwa seluruh pegawai harus memformat dirinya sendiri untuk mampu menjalankan system tersebut.

“Tidak ada kata mundur” katanya.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto menekankan pentingnya agar para pegawai mampu berubah menjadi lebih baik. Karena, menurutnya ketersediaan alat dan SDM sangat jauh berbeda.

“Kalau masalah alat kita bisa beli, tapi untuk SDM, yang sudah ada harus terus ditingkatkan kemampuannya: ungkap Toto. Dalam Workshop tersebut, I Putu Sukadana juga menjelaskan mengenai Gen-C dan Spinner yang meruapkan aplikasi yang akan digunakan dalam kegiatan bongkar muat. “dengan adanya aplikasi ini, seluruh kegiatan akan dapat dimonitor” katanya.

Tidak ingin berlama – lama, jejak awal transformasi di Pelindo III mulai dilakukan. Sehari setelah dilaksanakan Toward ICT – Based Enterprise Workshop Regional East and Central Java, tepatnya pada hari Jum’at (15/5) langsung dilakukan sosialisasi penggunaan system Gen-C bagi para pengguna jasa di Lingkungan Pelindo III. Tak kurang dari 70 pengguna jasa hadir dalam acara yang diselenggarakan di Ops Room lantai II PT Pelabuhan Indonesia III (Persero Pelabuhan  Tanjung Emas Semarang. Sebagian besar peserta yang datang mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pelindo III, karena membuat proses menjadi lebih praktis dan para pengguna jasa juga dapat memantau barang – barang mereka.

Source Tidak Ada Kata Mundur

Leave A Reply

Your email address will not be published.