Throughput TPKS Triwulan I 2016 Tetap Alami Peningkatan

8

04 April 2016

Semarang – Capaian throughput PT Pelindo III (Persero) melalui Terminal Petikemas Semarang (TPKS) untuk triwulan pertama tahun 2016 mencapai 154.085 TEUs (Twenty-feet Equivalent Units), meningkat sebanyak 2.621 TEU atau 1,73% jika dibandingkan dengan jumlah produksi TPKS pada triwulan pertama tahun 2015 yang sebanyak 151.464 TEUs.  Erry Akbar Panggabean, General Manager PT Pelindo III (Persero) TPKS mengatakan, bahwa kenaikan throughput TPKS pada triwulan I tahun 2016 ini menunjukkan bahwa TPKS sebagai terminal operator masih memperlihatkan trend positif dalam capaian handling petikemasnya pada awal 2016 ini.

“Kenaikan ini sendiri memang kurang terlihat signifikan dikarenakan pertumbuhan ekonomi dan (khususnya) perdagangan global masih terbilang stagnan. Namun, jika dilihat dari kacamata regional Propinsi Jawa Tengah, pertumbuhan throughput TPKS ini tentu menunjukkan progress dalam perdagangan luar negeri Propinsi Jawa Tengah yang mulai menggeliat kembali,” terang Erry.

Edy Sulaksono, Manager Operasi dan Komersial TPKS, dalam kesempatan yang sama turut menyampaikan bahwa adanya rencana kedatangan kapal voyage baru milik CMA CGM dan SINO TRANS ke TPKS dalam bulan April-Mei 2016 ini menambah jumlah kunjungan kapal, sehingga diharapkan mampu meningkatkan jumlah produksi petikemas di TPKS pada bulan-bulan mendatang.

“Pada hari ini telah dilaksanakan pembahasan terkait perubahan pola operasi karantina petikemas impor di TPKS yang dihadiri oleh Balai Karantina Kelas I Semarang, KSOP Tanjung Emas, Bea Cukai, dan Asosiasi. Sesuai hasil rapat, dapat saya sampaikan bahwa per tanggal 5 April 2016, pola operasi pemeriksaan petikemas karantina impor di TPKS akan berlangsung seperti semula, sebelum tanggal 18 Maret 2016,” terang Edy.

Perubahan status ini secara otomatis akan menunda pemberlakukan Surat Edaran GM TPKS nomor : SE.6.3/TR.0101/TPKS-2016 tanggal 01 April 2016 perihal penyempurnaan perubahan pola operasi pelaksanaan pemeriksaan karantina impor di TPKS.

“Sambil berjalannya proses pola operasi, kami menunggu penyempurnaan ketentuan yang berlaku pada pelaksanaan pemeriksaan karantina impor di TPKS,” tutup Ery.

Source Throughput TPKS Triwulan I 2016 Tetap Alami Peningkatan

Leave A Reply

Your email address will not be published.