The Mandalika Siap Menerima Kunjungan Peserta Imf-World Bank Annual Meetings

3

Lombok, 1 Maret 2018 – Panitia Nasional Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) World Bank Group tahun 2018 (Panitia Nasional), yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut B. Panjaitan, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, melakukan kunjungan ke KEK Pariwisata Mandalika (The Mandalika), Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kunjungan bertujuan untuk meninjau kesiapan Lombok, khususnya The Mandalika, sebagai satu dari tujuh destinasi pariwisata yang akan dipromosikan oleh Pemerintah kepada para peserta/delegasi IMF-World Bank Annual Meetings 2018, kesiapan Bandara Internasional Lombok sebagai backup bandara, serta membuka sosialisasi mengenai IMF–World Bank Annual Meetings 2018 kepada penyelenggara akomodasi dan jasa di NTB. Rombongan Panitia diterima oleh jajaran Direksi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola The Mandalika dan The Nusa Dua Bali.

IMF–World Bank Annual Meetings 2018 yang akan berlangsung 12-14 Oktober 2018 di The Nusa Dua Bali, diprediksi akan dihadiri sekitar 15.000–18.000 peserta/delegasi yang berasal dari 189 negara. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kehadiran peserta/delegasi tersebut diharapkan dapat dioptimalkan untuk mendorong kunjungan ke tujuh daerah wisata, yaitu Banyuwangi, Bali, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, Toba, dan Toraja. Untuk itu, Pemerintah akan melakukan kegiatan promosi terkait ketujuh daerah wisata tersebut kepada peserta/delegasi Meetings. Selain itu, terkait dengan penyusunan Securiy & Evacuation Plan, sebagaimana yang dipersyaratkan oleh pihak IMF – World Bank, maka Panitia Nasional telah menetapkan Bandara Internasional Lombok dan Bandara Blimbingsari Banyuwangi sebagai backup bandara dalam hal terjadi bencana maupun situasi darurat lainnya di Bali.

Kunjungan Menkomaritim, Menkeu dan Gubernur BI beserta Panitia Nasional ke KEK Mandalika tersebut diawali oleh presentasi progress pembangunan KEK Mandalika dan mengenai tempat-tempat wisata di KEK Mandalika yang dapat ditawarkan kepada para peserta/delegasi Meetings oleh Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer di Novotel Lombok Villas & Resort yang berlokasi di Pantai Kuta Mandalika. Selanjutnya, setelah mendengarkan pemaparan mengenai KEK Mandalika, Menkomaritim, Menkeu dan Gubernur BI melakukan peninjauan ke KEK Mandalika. Peninjauan di KEK Mandalika mencakup antara lain kunjungan ke Proyek Pullman, Pantai Kuta, Masjid Nurul Bilad, dan Progres Pembangunan Infrastruktur Jalan di Area Sunggung. Kunjungan rombongan Panitia Nasional diakhiri dengan kunjungan ke Desa Wisata Sade untuk melihat potensi budaya yang dapat ditawarkan kepada para peserta/delegasi Meetings.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, “ITDC menyambut gembira dukungan Pemerintah untuk mempromosikan The Mandalika sebagai salah satu daerah pariwisata yang akan dikunjungi oleh peserta dan delegasi IMF-World Bank Annual Meetings 2018. Kami siap untuk memperlihatkan keindahan The Mandalika berikut kemajuan-kemajuan pembangunan dan investasi di kawasan ini.”

The Nusa Dua – Bali

ITDC juga terus memastikan kesiapan kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali untuk menjadi tuan rumah kurang lebih 2.000 pertemuan yang akan digelar sepanjang IMF-World Bank Annual Meetings 2018, khususnya dari sisi pengamanan dan accessibility. Terdapat delapan lokasi kegiatan utama di dalam kawasan The Nusa Dua yang akan digunakan sebagai tempat konferensi, pameran, registrasi peserta, serta kantor dan akomodasi bagi 1.500 anggota komite, sekitar 5.000 kamar yang diperkirakan akan fully-booked selama periode meetings, serta berbagai fasilitas lain di dalam kawasan yang dapat dikunjungi oleh peserta/delegasi berlangsungnya IMF-World Bank Annual Meetings 2018.

“Tugas kami adalah menjamin kelancaran dan keamanan sirkulasi antar lokasi di dalam kawasan selama berlangsungnya pertemuan, serta keamanan seluruh peserta/delegasi selama berada di dalam kawasan,” tambah Abdulbar M. Mansoer. Penanganan keamanan dilengkapi juga dengan penyiapan SOP Penanganan Bencana bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pembangunan Command Center/Posko Pengamanan Terpadu.

Source The Mandalika Siap Menerima Kunjungan Peserta Imf-World Bank Annual Meetings

Leave A Reply

Your email address will not be published.