Terminal Teluk Lamong Tampil pada Konferensi Inovasi Indonesia

19

30 Desember 2015

Para peneliti dan project manager di lingkungan pendidikan berkumpul dalam suatu wadah, yaitu Konferensi Inovasi Bidang Rekayasa Teknologi serta Aplikasi Industri dan Manajemen, di Ballroom Grand City Mall, Desember. Pada acara yang digagas oleh Institut Teknologi Sepuluh November ( ITS ) tersebut, diikuti oleh sekitar 60 peneliti dan praktisi proyek pendidikan. Acara yang kental dengan nuansa akademik tersebut dibuka langsung oleh wakil rektor IV ITS Prof. Huda.

Sebelum para peserta seminar melakukan presentasi masing-masing karya inovasinya, acara diawali dengan paparan dari parakeynote speaker. Di antaranya, Prasetyadi, Direktur Utama Terminal Teluk Lamong (TTL), Setyo Agustyono, Kepala Bidang UKMK dan Industri Kreatif Kadin Jatim periode 2014-2019 dan sebagai moderator Prof. Saut Gurning dari ITS. Dalam sambutannya, Huda menyampaikan bahwa tujuan utama diselenggarakannya konferensi ini adalah untuk mempertemukan para peneliti dan praktisi akademisi yang peduli terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi. “Ini yang pertama kali di Indonesia, peneliti dan praktisi proyek akademik dipertemukan dalam satu acara,“ ujar Huda.

Pada kesempatan paparan pertama, Prasetyadi menyampaikan mengenai Terminal Teluk Lamong yang merupakan salah satu proyek inovatif mutakhir dari Pelindo III. Menurut Prasetyadi, TTL saat ini sudah mengaplikasikan inovasi bidang kepelabuhanan dengan konsep hijau, automatisasi peralatan dan transaksi yang berbasis online. Setyo Agustyono, pada kesempatan paparan kedua menyampaikan, bahwa KADIN, selaku pendorong kebijakan perekonomian pemerintah sangat mendukung pengembangan UKMK khususnya terkait dengan kreasi inovatif. Setyo menambahkan, peran institusi sangat diperlukan dalam rangka memfasilitasi inovasi agar bisa diaplikasikan dalam industri. “Terminal Teluk Lamong bisa kita lihat sebagai contoh baik sebuah inovasi, sehingga ke depan Indonesia bisa mempunyai pelabuhan-pelabuhan modern seperti ini agar biaya logistik kita menjadi rendah,“ ungkap Setyo.

Menutup sesi keynote speaker, Saut Gurning, menyampaikan bahwa Indonesia sangat bisa melangkah untuk menjadi negara maju ke depan. Terbukti, industri seperti Terminal Teluk Lamong telah mampu menyajikan pelayanan yang modern dan berbasis teknologi informasi. Pemerintah dengan lembaga-lembaga pendorong ekonominya juga telah melakukan berbagai kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Kita bisa bangga dengan Terminal Teluk Lamong dan kita akan terus bangga dengan produk-produk inovasi lainnya yang akan memajukan bangsa tercinta ini,“ tegas Saut Gurning.

Source Terminal Teluk Lamong Tampil pada Konferensi Inovasi Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.