Terminal Mirah Difokuskan Bongkar Muat Mobil

11

20 Februari 2015

Surabaya – Terminal Mirah Pelabuhan Tanjung Perak difokuskan untuk bongkar muat kapal-kapal roro yang mengangkut mobil. Zonanisasi ini dilakukan terkait penataan dan rencana kerja PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak yang sudah dicanangkan sejak April 2014 silam. Kahumas PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Dhany R. Agustian, mengatakan, penataan Terminal Mirah untuk bongkar muat otomotif ini dilakukan secara bertahap selama setahun lebih. “Selama penyempurnaan zonanisasi, fungsi terminal ini tetap berjalan. Sepanjang 2013 sampai September 2014 lalu Terminal Mirah sudah menjadi lokasi bongkar muat untuk 3.257 unit mobil,” ungkap Dhany.

Sebelumnya, pelayanan bongkar muat mobil ditangani anak perusahaan Pelindo III, yaitu PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (PT BJTI). Dhany menuturkan berdasarkan keputusan manajemen Pelindo III, akhirnya layanan bongkar muat otomotif dikelola langsung PT Pelindo III dan ditempatkan di Terminal Mirah. Pelindo III Cabang Tanjung Perak juga telah membentuk Satuan Foreman Khusus (SATFORSUS) yang bertugas untuk meningkatkan produktivitas bongkar muat tidak hanya di Terminal Mirah, tapi juga di Terminal Nilam maupun Jamrud. “SATFORSUS ini dilatih secara khusus agar aktivitas bongkar muat menjadi lebih cepat dan tetap mengutamakan faktor keamanan,” ungkapnya.

Selain difokuskan untuk bongkar muat mobil, Terminal Mirah Tanjung Perak juga dikhususkan untuk bongkar muat general cargo dan offshore. Deputy GM Pelabuhan Tanjung Perak, Bambang Hasbullah, menambahkan, penataan Terminal Mirah untuk menjadi terminal bongkar muat mobil akan dilakukan sampai 2016. “Akan ada pengadaan marka dan rambu jalan di dalam terminal. Juga, kami akan membangun gedung mobil untuk penyimpanan pasca bongkar muat sebelum diangkut oleh masing-masing perusahaan otomotif yang bersangkutan,” tandas Bambang.

Source Terminal Mirah Difokuskan Bongkar Muat Mobil

Leave A Reply

Your email address will not be published.