Terminal Baru di Bandara Supadio Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun 2016

10

07 Oktober 2016

Pontianak РPembangunan terminal baru Bandara Supadio di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat sudah mencapai 68 persen. PT Angkasa Pura II menargetkan akhir tahun 2016 nanti terminal baru di bandara Supadio sudah bisa beroperasi.

“Pak Budi (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi-red) minta akhir tahun ini bisa soft launching, atau paling lambat Januari 2017. Sementara peresmian full-nya nanti April 2017,” kata General Manager Bandara Supadio Bayuh Iswantoro saat ditemui di lokasi pembangunan di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (5/10/2016).

Bayuh menjelaskan, pembangunan tahap III sudah berlangsung sejak Agustus 2016 dan diharap bisa selesai Desember nanti. Pihaknya juga sudah meminta developer untuk mempercepat proses pembangunan.

“Pekerjaannya sudah dimulai Agustus 2016-Juli 2017. Namun ada target Desember soft opening. Makanya kami minta kontraktor untuk mempercepat pekerjaan yang bisa dilakukan,” ucap Bayuh.

Menurut Bayuh ada empat paket tahap pembangunan infrastruktur Bandara Supadio. Empat paket tersebut dikerjakan oleh tiga perusahaan konstruksi negara, yakni PT. PP (Persero) untuk tahap 1, tahap 2 oleh PT. Hutama Karya dan PT. Nindya Karya untuk tahap 3. Sementara tahap 4 yang merupakan penyempurnaan interior masih masa pelelangan. Saat ini pembangunan terminal baru sudah mencapai tahap 3. Tahap 3, merupakan finishing bangunan terminal, meliputi pemasangan elevator, lift dan sarana penunjang operasional bandara lainnya. Pembanguan tahap 3 menghabiskan biaya senilai Rp 79 milyar. Chief of Airport Project Management Unit Bandara Supadio, Chuanda menambahkan untuk paket pekerjaan tender interior terminal baru tersebut mencapai Rp 40 miliar.

“Paket interior sedang ditender oleh kantor pusat dengan pagu Rp 40 miliar. Minggu ketiga Oktober mudah-mudahan bisa dimulai dengan pelaksanaan 8 bulan,” jelas Chuanda.

Setelah pembangunan terminal baru dan lahan parkir selesai, dikatakan Chuanda, PT AP II juga akan menambah area parkir pesawat yang saat ini 13 unit menjadi 16 unit parking stand. Sementara fasilitas garbarata juga akan ditambah dari dua unit menjadi total empat unit. Selain itu, tambah Bayuh, Bandara Supadio merupakan satu dari tujuh bandara yang tengah dikembangkan. Satu alasan PT AP II membangun terminal baru tersebut karena ada potensi peningkatan penumpang pesawat yang signifikan.

“Supadio merupakan satu dari tujuh bandara yang tengah dikembangkan AP II belakangan ini karena potensi pertumbuhan penumpang pesawatnya sangat signifikan,” kata Bayuh.

Source Terminal Baru di Bandara Supadio Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun 2016

Leave A Reply

Your email address will not be published.