Terminal 3 Bandara Soetta Tunggu Evaluasi Sertifikasi

15

14 Juli 2016

Tangerang – PT Angkasa Pura II (Persero) telah mempersiapkan pengoperasian Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) yang mengalami tahapan perluasan. Direktur Operasi dan Teknik PT AP II, Djoko Murjatmodjo mengatakan, tahapan finishing dalam pengoperasian Terminal 3 saat ini hanya menunggu evaluasi sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubdar) Kemenhub. AP II telah membenahi sistem atau alat komunikasi melalui pembangunan menara Apron Movement Control (AMC) yang akan terhubung ke menara Automatic Traffic Controller (ATC).

“AMC towernya sudah ada, petugasnya juga sudah ada, alatnya sudah ada. Begitu tower siap peralatan dipasang, kita mengundang Dirjen Hubdar untuk memperlihatkan standar operasinya,” ujar Djoko di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (13/7/2016).

Sebagai informasi, Kemenhub melalui Direktorat Perhubungan Udara memberi masukan bahwa apron yang dipantau dari menara ATC belum terlihat secara visual (pandangan mata). Karena itu, PT AP II membangun menara baru bernama menara AMC. Menara ini terpisah dengan menara ATC. Adapun fungsi AMC akan memantau semua pergerakan yang ada di apron Terminal 3 untuk kemudian dilaporkan ke menara ATC.

“Jadi nanti semua pergerakan yang ada di apron Terminal 3 akan kembali dilaporkan ke menara utama atau menara ATC,” kata Djoko.

Dia menyebutkan pihaknya sudah siap jika Kemenhub melakukan evaluasi terkait sertifikasi pengoperasian Terminal 3 Bandara.

“Jadi tinggal menunggu Direktorat Udara Kemenhub, evaluasi sertifikasinya lalu kemudian bisa operasi,” jelasnya.

Penyediaan Air Bersih AP II dan Pemerintah Kota Tangerang menandatangani nota kesepahaman terkait kebutuhan air bersih di lingkungan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Pemerintah Kota Tangerang melalui PDAM Tangerang akan memasok kebutuhan air bersih di Bandara Soetta. Presiden Direktur PT AP II, Budi Karya Sumadi mengatakan, pengembangan Terminal 3 diprediksi akan meningkatkan jumlah penumpang sehingga kebutuhan di sektor air bersih juga perlu diantisipasi.

“Makanya, kami bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang di mana, Walikota Tangerang memberikan jaminan tersedianya air bersih melalui PDAM Tangerang,” ujarnya, dalam penandatanganan kerja sama antara pemerintah kota Tangerang dan PT AP II.

Menurutnya, kebutuhan air bersih di Bandara Soetta dengan ketersediaan cadangan air yang dimiliki pemerintah Kota Tangerang bisa mencapai lima kali lipat, dari 8.000 meter kubik per hari menjadi 40.000 meter kubik per hari. Sementara kapasitas normal penumpang Bandara Soetta saat ini mencapai 60 juta penumpang per tahun dan bisa bertambah hingga 100 juta penumpang per tahun.

“Makanya, dengan pengembangan terus menerus, terutama Terminal 3 yang ada saat ini dan  dan nantinya penambahan runway tiga tentu akan memperbesar kapasita. Sehingga antisipasi di sektor kebutuhan air bersih juga perlu dilakukan,” terang Budi.

Source Terminal 3 Bandara Soetta Tunggu Evaluasi Sertifikasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.