Terapkan ISPS, Pertamina RU III Lakukan Simulasi Pengamanan Gabungan TUKS Plaju – Sungai Gerong

22

06 September 2018 — Dalam rangka menjalankan standar kerangka kerja yang konsisten dalam mengevaluasi resiko dan tanggap darurat terhadap berbagai bentuk ancaman yang mengganggu keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan lingkungan operasi PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju melakukan Exercise International Ships and Port Facility Security (ISPS) Code Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) Plaju – Sungai Gerong dengan RSO Marine Training Center (MTC) pada tanggal 3 – 5 September 2018.

Tujuan dari diberlakukannya simulasi ISPS Code ini adalah untuk mengantisipasi dan mengatasi ancaman dan gangguan keamanan lebih cepat sehingga tidak akan mengganggu operasional Pertamina dalam menjamin ketersedian energi, khususnya di wilayah Sumbagsel.

Simulasi ISPS Code ini terdiri dari latihan yang difokuskan kepada firefighting (FF) dan dan Oil Spill Recovery (OSR) Tier 1, serta keselamatan dan keamanan area pelabuhan termasuk kapal-kapal yang sandar. Rangkaian simulasi terdiri dari berbagai kegiatan, mulai dari pemahaman teori, table top (jalur taktis komunikasi dan koordinasi), prosedur penanganan keamanan terhadap security level (I,II,III) dan terakhir adalah simulasi tindakan pengamanan gabungan skala besar melibatkan pihak terkait uji koordinasi dan komunikasi langsung dilapangan yang dilaksanakan pada hari ini Rabu 5/9.

Pertamina menggandeng beberapa instansi terkait pada simulasi ISPS Code di TUKS Pertamina RU III Plaju – Sungai Gerong, antara lain Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, TNI – AL (Lanal) Palembang, dan Dir. Pol Air Palembang. Selain itu, Pertamina juga menghadirkan pengamat sekaligus undangan yakni Polsekta Plaju, Koramil Plaju, Imigrasi, Distrik Navigasi Palembang, Basarnas, Pelindo, dan perusahaan yang memiliki Port Facility Security Officer (PFSO) Pelabuhan terkait (Bom Baru Pusri).

“Dengan melakukan drill & exercise ISPS Code ini, kami dapat mengambil langkah – langkah pencegahan terhadap gangguan keamanan yang dapat mempengaruhi keselamatan dan keamanan di seluruh area TUKS Pertamina RU III Plaju – Sungai gerong. Hal ini sangat penting dengan nature operasi Pertamina yang beresiko tinggi, apalagi kami juga mengkampanyekan semangat Zero Fatality,” ujar General Manager RU III Plaju, Yosua I.M Nababan.

Menurut Yosua, kemampuan petugas mengimplementasikan ISPS Code sangat diperlukan untuk mengkalkulasi serta menghadapi segala bentuk resiko dan ancaman di TUKS Migas Pertamina salah satunya di Plaju – Sungai Gerong. “TUKS ini merupakan salah satu mata rantai proses supply crude oil dan distribusi hasil produksi area Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka, Pangkalan Balam. Kemampuan petugas mengimplementasikan ISPS Code serta melatih sinergi antara stakeholder terkait di wilayah operasi, sama strategisnya dengan menjamin kelancaran dan ketersedian energi di Sumbagsel,” pungkasnya

Yosua menambahkan, dengan mentaati dan meng-implementasikan ISPS Code rutin setiap tahun, Pertamina juga senantiasa meningkatkan sinergi dalam menanggulangi keadaan darurat sehingga efeknya tidak meluas. “Dengan sinergi yang baik dengan stakeholder terkait, kami harapkan segala bentuk ancaman dan resiko bisa ditanggulangi dengan tepat dan cepat. Exercise ini adalah bentuk usaha dari Pertamina untuk memberikan keamanan serta kenyamanan masyarakat di sekitar wilayah operasi serta menunjang loading / unloading kapal di area TUKS Pertamina RU III sehingga segala proses supply dan distribusi dapat berjalan dengan lancar” tutup Yosua.

Source Terapkan ISPS, Pertamina RU III Lakukan Simulasi Pengamanan Gabungan TUKS Plaju – Sungai Gerong

Leave A Reply

Your email address will not be published.