Telkom Modernisasi Infrastruktur Kawasan Industri Terboyo Semarang

7

Jakarta, 19 Februari 2016 – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melakukan satu langkah yang penting dalam perjalanan bisnisnya sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini melakukan modernisasi jaringan dan infastruktur di Kawasan Industri Terboyo Semarang (KITS). Langkah ini merupakan bagian dari Program Migrasi Infrastruktur dan Services (PROMIS) di Kawasan Bisnis dan Industri di seluruh Indonesia melalui penggelaran teknologi Fibre to The High End Market sebagai upaya memberikan layanan ICT terbaik kepada masyarakat dalam hal ini khususnya kepada pelanggan enterprise dan business service.

“Modernisasi jaringan ini merupakan komitmen Telkom untuk memberikan new experience kepada pelanggan, khususnya pelanggan di Kawasan Industri Terboyo ini,” ujar Abdus Somad Arif, Direktur Network & IT Solution Telkom di Semarang, Jumat (19/2).

Menurutnya, Telkom harus melakukan modernisasi infrastruktur khususnya terkait dengan berakhirnya masa pakai perangkat (obselete) serta perkembangan teknologi terkini tentunya.

Modernisasi jaringan sudah dilakukan sejak 2011, dan diperkirakan selesai pada 2021 nanti. Pada 2021 seluruh jaringan Telkom untuk entreprise dan busines sudah menggunakan teknologi Fibre to The High End Market dengan optimalisasi Multi Dwelling Unit(MDU/Pusat Terminasi Layanan Broadband) sehingga dapat memberikan New Customer Experience melalui Layanan Triple Play.

Dikatakan Abdus Somad Arif jika Telkom tidak melakukan modernisasi jaringan akses kecepatan yang didapat pelanggan hanya maksimal 4 Mbps. Sementara serat optik mampu menyalurkan bandwith hingga 100 Mbps. Modernisasi jaringan tentunya sejalan dengan upaya meningkatkan layanan triple play dan keragamanan konten dengan kualitas broadband.

Selain meningkatkan customer experience, modernisasi jaringan ini juga merupakan dukungan nyata Telkom kepada Pemerintah untuk menyediakan akses pita lebar ke seluruh pelosok tanah air dan meningkatkan aktivitas ekonomi berbasis digital yang diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

Kawasan Industri Terboyo Semarang (KITS) merupakan salah satu kawasan industri di Kota Semarang yang terletak di Kecamatan Genuk. Kawasan industri ini dibangun pada areal 300 hektar. Kawasan industri ini dibangun terutama untuk kegiatan industri, ditunjang dengan sarana prasarana berupa transportasi, telekomunikasi, air bersih, drainase, serta unit pengolahan limbah terpadu dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan dibawah manajemen PT. Merdeka Wirastama.

Keberadaan berbagai sarana dan prasarana seperti Pelabuhan Tanjung Emas, Terminal Terboyo, lokasi yang berada pada jalur arteri primer yang menghubungkan berbagai kota besar di Pulau Jawa menjadi pertimbangan utama industri untuk berlokasi di KITS serta kemudahan lainnya.

Source Telkom Modernisasi Infrastruktur Kawasan Industri Terboyo Semarang

Leave A Reply

Your email address will not be published.