Teh Hijau Ternyata Efektif Membunuh Sel-sel Kanker Mulut

43

30 Januari 2015 —¬†Kabar baik buat penggemar teh hijau. Selain kaya antioksidan menenangkan, penelitian terbaru menyatakan bahwa teh hijau juga dapat membunuh sel-sel kanker, khususnya kanker mulut.

Zat yang bernama katekin yang ada dalam teh, dapat membunuh sel kanker tanpa ikut menghancurkan sel sehat di dalam tubuh. Seorang profesor dari Penn State University, Joshua Lambert menyatakan bahwa senyawa yang bernama EGCG atau epigallocatechin 3 gallate, terbukti membunuh sel-sel kanker dan tidak membunuh sel normal.

Tetapi uniknya para peneliti tersebut tidak mengerti mengapa zat katekin membuat sel kanker sebagai targetnya. Riset terbaru juga menemukan EGCG dapat memicu proses dalam mitokondria yang menyebabkan kematian sel. Para peneliti pun meneliti mulut manusia normal dan mulut manusia dengan kanker untuk mengetahui bagaimana cara kerja EGCG, dan bagaimana konsentrasinya ditemukan pada orang yang mengunyah permen karet dengan rasa teh hijau.

Ternyata terdapat protein bernama sirtuin 3 atau SIRT3, zat terpenting untuk melakukan penghancuran. EGCG dapat selektif mengaktifkan atau mengnonaktifkan sel kanker tersebut Joshua Lambert dan tim berencana untuk membuat sel anti-kanker yang lebih efektif untuk menciptakan obat yang ampuh. Menurutnya, kemoterapi hanya membelah-belah sel dengan cepat, sehingga efeknya dapat merontokkan rambut. Tetapi, teh hijau tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

Source Teh Hijau Ternyata Efektif Membunuh Sel-sel Kanker Mulut

Leave A Reply

Your email address will not be published.