Tegal Jadi Pilot Project Industri Perikanan

15

10 Februari 2015

Tegal – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memilih Kota Tegal sebagai pilot project pengembangan industri perikanan pertama di Indonesia. Hal ini mencuat, setelah Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto berkunjung ke Tegal, Senin (9/2). “Di Kota Bahari ini bukan sekadar pelabuhan saja yang akan dibangun, tetapi juga akan dikembangkan sebagai industri perikanan yang pertama di Indonesia,” kata Djarwo saat diterima Wali Kota Tegal, Hj Siti Masitha Soeparno di Pringgitan Rumah Dinas Walikota.

Dia berujar, sejauh ini pihaknya masih mengumpulkan informasi mengenai upaya pengembangan Pelabuhan Tegal. Sehingga, nantinya akan diketahui apa saja yang dibutuhkan untuk Kota Tegal. “Industri perikanan seperti apa yang nanti cocok dikembangkan di Kota Tegal, termasuk teknologinya seperti apa, masih kita kumpulkan semua informasinya,” imbuh Djarwo. Ditambahkan dia, 2015 ini akan segera diambil beberapa langkah percepatan. Dimana dalam 20 hari setelah pertemuan akan ada pembentukan tim antara Pemkot Tegal dan Pelindo.

Termasuk pula pelaksanaan study banding atau kunjungan kerja ke tempat industri perikanan sebagai referensi. Langkah selanjutnya, tim tersebut akan melakukan review master plan atau Rencana Induk Pelabuhan (RIP), melakukan kajian Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan study kelayakan.

“Agar tidak menyalahi aturan yang ada, akan kita arahkan tim untuk berkoodinasi dengan kementerian terkait. Seperti Kementerian Kemaritiman yang membawahi Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Perhubungan,” pungkasnya.

Source Tegal Jadi Pilot Project Industri Perikanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.