Tangkal Perundungan, Pelindo III Bantu CCTV untuk Sekolah

11

13 Mei 2016

Surabaya – Maraknya aksi perundungan (bullying) baik verbal, fisik, maupun seksual yang terjadi di lingkungan sekolah juga menjadi perhatian PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. BUMN kepelabuhanan tersebut menyerahkan bantuan berupa CCTV (kamera pengawas) untuk SMP Negeri 7 Surabaya, yang berlokasi tak jauh dari Pelabuhan Tanjung perak yang dikelolanya, Jumat (13/5).

“Rencananya kamera-kamera tersebut akan kami letakkan di lokasi-lokasi yang dikhawatirkan terjadi bullying, seperti di toilet siswa atau sudut-sudut gedung,” ujar Irfan Soleh, salah satu guru SMP Negeri 7 Surabaya pada saat acara penyerahan bantuan.

Menurut Irfan Soleh, aksi perundungan pernah terjadi di sekolah tersebut, yakni antara siswa senior terhadap juniornya. Para siswa senior mengintimidasi juniornya karena masalah yang sebetulnya sepele, seperti dianggap tidak menghormati senior atau berebut perhatian siswi.

“Masalah ini menjadi besar jika siswa tersebut bergabung dalam kelompok atau geng. Karena gengnya bisa ikut-ikutan mem-bully,” cerita pria kelahiran gresik tersebut.

Pada kesempatan yang sama, hal senada juga disampaikan oleh guru lain, Supriyono. Menurutnya, aksi perundungan terjadi karena dorongan dari kelompoknya atau gengnya yang ikut merasa tidak menerima, apabila ada anggota kelompoknya yang disakiti atau menjadi korban siswa lainnya.

”Kadangkan adalah yang sok jago ingin jadi pahlawan di antara kelompoknya,” terangnya. Oleh karena itu, lanjut Supri, penggunaan CCTV adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya bullying atau siswa yang tidak disiplin. ”Kalau ada CCTV mereka pasti berpikir dua kali,” kisahnya.

Bantuan diserahkan langsung oleh Manajer SDM dan Umum, Mohammad Syafiudin, kepada perwakilan SMP Negeri 7 Surabaya, dengan perincian sebagai berikut empat unit kamera, perangkat perekam video, adaptor, konektor, dan perlengkapannya.

“Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi SMP Negeri 7 Surabaya, utamanya untuk pencegahan aksi bullying. Sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan baik untuk para anak yang menjadi tumouan masa depan bangsa,” pungkas Syafiudin.

Source Tangkal Perundungan, Pelindo III Bantu CCTV untuk Sekolah

Leave A Reply

Your email address will not be published.