Taman Kanak-Kanak Binaan Perhutani Belajar Sambil Berdarmawisata

11

SARADAN, PERHUTANI (19/03/2015) | Taman Kanak-kanak Tunas Rimba Perhutani Saradan belajar sambil berdarmawisata di tempat perbelanjaan Pasar tradisional Sugihwaras, kantor Balai Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan, lapangan sepak bola desa Sugihwaras, sawah dan lingkungan kawasan hutan Resort Pemangkuan Hutan (RP) Sugihwaras BKPH Wilangan Utara KPH Saradan.

Kegiatan tersebut dilakukan bertujuan untuk mengenalkan pada siswa tentang jenis-jenis pekerjaan baik di lapangan atau di kantor, pengenalan pada lingkungan sawah dari proses menanam sampai panen, pengenalan jenis-jenis tanaman dan lingkungan kawasan hutan mulai dari persemaian, cara menanam dan pentingannya menjaga kelestarian hutan untuk menjaga keseimbangan ekosisitem supaya tidak terjadi bencana banjir dan melatih anak didik untuk bisa berkreasi dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah ataupun di rumah.

Berbagai macam mata pelajaran yang diajarkan sekolah TK Tunas Rimba ini antara lain Calistung, bahasa Inggris, bahasa jawa, menggambar/mewarnai, TPA, menari juga tambahan esktra kulikuler renang dan Drum band. Segudang prestasi telah diraih TK Tunas Rimba antara lain di tahun 2014 sebagai TK INTI GUGUS II PKG Kecamatan Saradan, Juara II lomba bercerita, juara II lomba gerak dan lagu, juara I Menyanyi Anak dan sederet prestasi yang terbukti dengan banyaknya Tropi/piala yang tersimpan di alamari ruang guru TK Tunas Rimba KPH Saradan.

TK Tunas Rimba KPH Saradan berkembang dalam pengelolaan YTRP (Yayasan Tunas Rimba Perhutani) yang diketuai oleh Ibu Evi Haryati Amas Wijaya dan diasuh oleh guru-guru berpengalaman antara lain : Bu Ribut Retnowati,S.Pd.AUD sebagai Kepala Sekolah dengan dibantu guru pengajar bu Sri Subekti, S.Pd, Ida Daminah, Sri Utami, S.Pd dan bu Ningrum, S.Pd.AUD. Dari berbagai inovasi cara mengajar yang diterapkan guru-guru diharapkan bisa lebih mudah dipahami dan bisa cepat diserap oleh murid-murid yang akhirnya mampu melahirkan tunas-tunas bangsa dari TK Tunas Rimba KPH Saradan.

Source Taman Kanak-Kanak Binaan Perhutani Belajar Sambil Berdarmawisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.