Talkshow Radio, Jasa Raharja Sumut Dukung E-Samsat Paten

23

23 April 2017, Humas Sumatra Utara — Dalam rangka peluncuran e-Samsat Paten dan Samsat Masuk Kampung tanggal 24 April 2017 mendatang, PT Jasa Raharja menggelar talkshow bertema Grand Launching e-Samsat Paten yang disiarkan secara langsung pada pukul 10.00 WIB oleh Radio Smart FM Medan, Jumat (21/4).

Kegiatan Talkshow dengan bertempat di Lobby Hotel Grand Kanaya Medan ini menghadirkan narasumber Harwan Muldidarmawan,SE.,MM,AMII,ACII,CFP selaku Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumatera Utara, Drs. Sarmadan Hasibuan, SH, MM selaku Kepala Badan Penyelenggara Pajak dan Retribusi Daerah, serta AKBP Leo H Siagian,SIK,MSC selaku Kepala Subdit Regident.

Talkshow tersebut membahas mengenai pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di kantor Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) Sumatera Utara kini bisa melalui anjungan tunai mandiri (ATM). Hal tersebut diterapkan untuk memudahkan masyarakat dalam membayarkan pajak kendaraan bermotor. Masyarakat tidak perlu antre di loket yang ada di Samsat.

“Jadi sekarang masyarakat tidak perlu repot lagi antre di loket-loket. Cukup datang ke ATM Bank Sumut untuk membayarkan pajak kendaraannya”, kata Drs. Sarmadan Hasibuan.

AKBP Leo Siagian menjelaskan, proses pembayaran pajak kendaraan tahunan melalui e-Samsat saat ini hanya bisa melalui Bank Sumut. Namun, nama rekening pada bank tersebut harus sama dengan nama yang tertera di STNK kendaraan masing-masing.

“Kalau namanya beda, sistem akan langsung menolak sehingga transaksi gagal,” ungkap AKBP Leo Siagian.

Pendaftaran pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui e-Samsat Paten dapat dilakukan melalui website, android, dan SMS Gateway. Setelah itu wajib pajak akan mendapatkan kode bayar, untuk selanjutnya melakukan pembayaran melalui ATM, Teller, atau mobile banking. Setelah itu wajib pajak menukarkan struk pembayaran tersebut untuk dilakukan pengesahan STNK di loket e-Samsat di Kantor samsat terdekat. Penukaran struk ini dapat dilakukan dalam waktu maksimal 14 hari kerja. Pembayaran pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu terobosan terbaru Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk meningkatkan PAD Sumut.

Harwan Muldidarmawan menambahkan, dengan masyarakat tertib membayar pajak, itu berarti masyarakat turut melaksanakan amanah negara untuk membayar SWDKLLJ yang berguna untuk membantu korban kecelakaan lalu lintas.

“Dan lagi, per 1 juni 2017 mendatang berdasarkan PMK 15 dan 16 Tahun 2017, santunan kecelakaan Jasa Raharja akan naik 100% tanpa disertai kenaikan preminya. Santunan untuk korban meninggal dunia dan cacat tetap maksimal dari 25 juta menjadi 50 juta, luka-luka maksimal dari 10 juta menjadi 20 juta, biaya penguburan dari 2 juta menjadi 4 juta serta ada penambahan untuk biaya ambulance maksimal 500 ribu dan P3K maksimal 1 juta”, ungkapnya lagi.

Semoga dengan adanya e-Samsat Paten ini masyarakat Sumatera Utara semakin taat dalam membayar pajak kendaraannya.

Source Talkshow Radio, Jasa Raharja Sumut Dukung E-Samsat Paten

Leave A Reply

Your email address will not be published.