Tahun Depan, Kemenhub Fokus Benahi Laut dan Darat

17

30 September 2015

Malang – Kementerian Perhubungan akan fokus benahi angkutan laut dan darat tahun depan. Hal ini diungkapkan Staf Khusus Kementerian Perhubungan, Hadi M. Djuraid di dalam cara forum kehumasan kementerian perhubungan akhir September 2015, di Hotel Harris, Malang. ’’Tahun pertama fokus ke angkutan udara, tahun depan laut dan darat,’’ ujarnya. Pembenahan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan di angkutan udara meliputi pembuatan regulasi-regulasi baru terkait dengan angkutan udara dan menegakan regulasi yang telah ada karena selama ini banyak regulasi yang belum diimplementasikan dengan optimal. ”Termasuk perkuatan otoritas bandara,’’ ujarnya.

Menurutnya saat ini pihak angkutan udara dan bandara telah banyak melakukan pembenahan seperti diantaranya, penyediaan fasilitas bandara yang aman dan nyaman, pembelian tiket online serta bebas calo dan pedagang. ”Sekarang sudah tidak ada lagi yang menawari saya parfum atau bulpen di bandara,’’ ujar pria asli Surabaya ini. Tahun depan, tambahnya, kementerian perhubungan menargetkan untuk menerapkan sistem tiket online dan penataan terminal bis seperti yang telah dijalankan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkasa Pura (Persero). “Kereta Api bisa, terminal pasti juga bisa,’’ tegasnya.

Pemred BUMN Insight ini menjelaskan bahwa di dalam menjalankan rencana-rencananya tersebut, kementerian tetap berpegang pada 3 hal, yakni keselamatan, kapasitas dan pelayanan, yang merupakan fungsi utama selaku regulator. ”Kami tidak bekeberatan kewenangan untuk berinvestasi bandara dan pelabuhan diambil, asal fungsi peningkatan keselamatan transportasi tetap menjadi yang utama, “ tambahnya.

Source Tahun Depan, Kemenhub Fokus Benahi Laut dan Darat

Leave A Reply

Your email address will not be published.