Sukses Jalankan Program 3 Days Energizi, PLN Perkuat Sistem Jawa Bali

13

Jakarta, 16 Februari 2016 – PT PLN (Persero) berhasil menambah keandalan Sistem Kelistrikan Jawa Bali dengan menjalankan Program 3 Days Energize terhadap tiga Gardu Induk, yakni Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) New Balaraja, GITET Millenium, dan Gas Insulated Switchgear (GIS) Bintaro. Program energize ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut, mulai 13 – 15 Februari 2016.

Pada Sabtu (13/2), PLN melakukan energize yang pertama dengan mengoperasikan Trafo Inter Bus Transformer (IBT) 4 di GITET New Balaraja, Tangerang, Banten. Sebelumnya, pada 18 November 2015, PLN juga telah mengoperasikan Trafo IBT 3 berkapasitas 500 MVA. Beroperasinya Trafo IBT 4 yang juga berkapasitas 500 MVA ini menambah kapasitas terpasang GITET New Balaraja menjadi 2.000 MVA.

Energize kedua berlangsung di GITET Millenium pada Minggu (14/2) dengan mengoperasikan dua trafo yang masing-masing berkapasitas 60 MVA. Pengoperasian kedua trafo ini diutamakan untuk mencukupi kebutuhan listrik pada pusat industri di Cikande. Kegiatan puncak diakhiri di GIS Bintaro pada Senin (15/2) yang berlangsung mulai pukul 23.00 dengan pengoperasian trafo daya 500 MVA dan 2 x 60 MVA bersama Tim Jasa Sertifikasi sebagai tim penguji kelaikan operasi atas Gardu Induk.

Dengan penambahan kapasitas ketiga Gardu Induk ini, tentunya akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan Jawa Bali, khususnya pada DKI Jakarta dan sekitarnya. Secara spesifik, program energize ini dikhususkan untuk memperkuat pasokan listrik di Jakarta-Tangerang melalui transmisi, sehingga cakupan wilayah dari energize ini meliputi Tangerang, Kembangan, Duri Kosambi, Bintaro, Jakarta dan sekitarnya. PLN berharap dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan di wilayah tersebut.

“Dengan kegiatan ini, sistem kelistrikan menjadi lebih andal, terutama untuk menyokong GITET Kembangan yang mengalami musibah tahun lalu. Penambahan kapasitas ketiga Gardu Induk ini juga cukup untuk mengamankan suplai listrik ke pelanggan, sehingga pemadaman bergilir di wilayah Jakarta dan sekitarnya dapat diminimalisir,” ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Satuan Komunikasi Korporat Agung Murdifi.

Penambahan kapasitas Gardu Induk ini juga diharapkan dapat mengantisipasi pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Jakarta – Tangerang. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait Program Kelistrikan 35.000 MW yang dicanangkan hingga 2019.

Kontak :
Agung Murdifi
Plt. Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs 021 7227059
Email. [email protected]

Source Sukses Jalankan Program 3 Days Energizi, PLN Perkuat Sistem Jawa Bali

Leave A Reply

Your email address will not be published.