Sucofindo Raih Sertifikat SMK3 dan Zero Accident dari Kemenaker RI

15

Selasa, 23 April 2019 | Jakarta – PT SUCOFINDO (Persero) meraih penghargaan Audit SMK3 dan Penghargaan Nihil Kecelakaan (Zero Accident) dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI atas komitmen terhadap pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan Audit SMK3 ini diterima oleh 7 Kantor Cabang Sucofindo, yaitu Cabang Cirebon, Cilegon, Batam, Makassar, Bontang, dan Tarakan, serta area Cibitung (SBU Laboratorium, Laboratorium Mineral, dan Cabang Bekasi). Sedangkan untuk penghargaan Nihil Kecelakaan didapat PT SUCOFINDO (Persero) untuk Kantor Cabang Cirebon, Cilegon, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, dan Sangatta. Penghargaan ini dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI Muhammad Hanif Dhakiri di Hotel Bidakara (22/4).

“Selamat dan sukses kepada perusahaan yang telah meraih dan konsisten dalam implemengtasi K3. Saya berharap perusahaan ini bisa dijadikan teladan bagi perusahaan yg lain. Kedepan kita punya komitmen untuk terus menjaga penerapan K3. Sehingga masalah kesemalatan kerja dapat teratasi dan implementasi K3 menjadi budaya sehari-hari,” kata Hanif.

Selanjutnya menurut Hanif, dengan penerapan K3 bisa menjadi investasi masa depan yang lebih baik bagi perusahaan. “Penerapan K3 mampu mempengaruhi produktivitas perusahaan, sehingga dapat terus dijaga dan ditingkatkan,” ujar Hanif.

Dalam kegiatan tersebut Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT SUCOFINDO (Persero) Budi Hartanto mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI atas apresiasi yang telah diberikan. “Kedepannya PT SUCOFINDO (Persero) akan terus menjaga komitmen dan meningkatkan implementasi K3 secara berkelanjutan di berbagai lini pekerjaan,” kata Budi usai acara tersebut.

Budi mengatakan, PT SUCOFINDO (Persero) merupakan Badan Audit pertama yang ditunjuk Kementerian Tenaga Kerja sebagai Badan Audit SMK3 sejak tahun 1996, dan telah melakukan audit selama lebih dari 20 tahun. Sebagai Badan Audit yang independen dan profesional, telah melakukan audit SMK3 dengan berbagai jenis sektor industri, lembaga pemerintahan, sektor pertambangan dan sejumlah industri lain. Sucofindo berkapasitas melakukan audit atas penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, dan hasilnya akan dijadikan acuan oleh Departemen Tenaga Kerja dalam menerbitkan sertifikat Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3). Dengan 60 titik layanan di seluruh Indonesia, Sucofindo dapat menjangkau seluruh wilayah dan lebih dekat dengan pelanggan. Selama periode tahun 2018-2019, PT SUCOFINDO (Persero) berhasil menerbitkan sertifikat SMK3 kepada 296 perusahaan berdasarkan Peraturan Pemerintah No 50 Tahun 2012.

Aspek K3 menurut Kepala SBU Sertifikasi dan Ecoframework PT SUCOFINDO (Persero) Triyan Aidilfitri merupakan aspek penting yang perlu diantisipasi secara tepat oleh perusahaan agar dapat mengendalikan risiko bahaya bagi pekerja dan lingkungan kerja. Pengelolaan risiko K3 secara parsial tidak mengunakan pendekatan sistem mananjemen tentu tidak dapat memberikan hasil yang optimal.

”Bagi SUCOFINDO, pengendalian potensi Bahaya K3 dalam proses bisnis organisasi melalui penerapan sistem manajemen Keselamatan dan kesehatan kerja, merupakan salah satu partisipasi organisasi sebagai salah satu potensi dalam membangun terciptanya zero accident perusahaan serta budaya K3 yang lebih baik,” ungkap Triyan.

Upaya untuk mengelola risiko K3 secara spesifik dan holistik di Indonesia telah dilakukan melalui implementasi standar atau pedoman sesuai dengan kebutuhan dalam rangka perlindungan terhadap pekerja, selain SMK3 PP 50 Tahun 2012 juga dikenal standar lainnya seperti ISO 45001 : 2018 yang merupakan transisi OHSAS 18001 : 2007. Transisi ini dirilis sejak tahun 2018 dan akan diberlakukan selama 3 (tiga) tahun ke depan.

PT SUCOFINDO (Persero) sampai saat ini memiliki jasa sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Sertifikat Produk SNI, sertifikat Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP), Sertifikat Good Manufacturing Practices (GMP), Sertifikat Organik, Sertifikat Sistem Keamanan pada rantai pasok ISO 28001, sertifikat ISO 14001, Sertifikat SMK3, Sertifikat OHSAS 18001:2007, Sertifikat ISO 50001, ISO 37001, ISO 22000, serta sertifikat lingkup sertifikasi lainnya seperti pariwista, Hotel, Biro Perjalanan dan SNI yang bersifat sukarela untuk berbagai industri, manufaktur, pelayanan, dan lain-lain. Selain itu, PT SUCOFINDO (Persero) juga dapat melakukan sertifikasi integrasi Sistem Manajemen.

Selain itu, PT SUCOFINDO(Persero) telah berkerja sama dengan IQCS Singapore dalam penyelenggaraan pelatihan IRCA Registered untuk pemenuhan kompetensi LAC (Lead Auditor Course) ISO 9001, ISO 14001 dan ISO 45001.

Source Sucofindo Raih Sertifikat SMK3 dan Zero Accident dari Kemenaker RI

Leave A Reply

Your email address will not be published.