Sucofindo perluas kerja sama dengan Timor Leste

56

09 Agustus 2017 — Sucofindo perluas kerja sama dengan Pemerintah Timor Leste khususnya dalam jasa pemastian. Lembaga Pengawasan Ekonomi, Sanitasi Dan Bahan Pangan (AIFAESA) Timor Leste mempercayakan Sucofindo untuk melakukan pengawasan kebijakan keamanan pangan terkait perdagangan dan membantu peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparaturnya.

Direktur Komersial II Sucofindo Sufrin Hannan mengatakan, kerjasama antara Sucofindo dan AIFAESA ini meliputi pengembangan sistem laboratorium seperti standar, kebijakan teknis pelaksanaan dan fasilitas uji termasuk sumber daya manusia. Tujuannya untuk mendukung kebijakan program perlindungan konsumen di Timor Leste.

“Selain itu Sucofindo juga akan mendampingi dalam perumusan dan analisis kebijakan nasional khususnya untuk penyelenggaraan sistem perlindungan komoditi perdagangan berbasis pangan,” ungkap Surfin dalam keterangan tertulis yang KONTAN terima pada Selasa (8/8).

Selain itu, Surfin bilang Sucofindo akan melakukan pendampingan pelaksanaan kebijakan tertentu khususnya dalam pemenuhan spesifikasi, ketentuan mutu, dan keamanan pangan.

Pemerintah Timor Leste pun mempercayakan Sucofindo untuk melakukan pendampingan dan bimbingan teknis dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur dalam mendukung operasional laboratorium sesuai dengan standar ISO 17025, Good Laboratory Practice (GLP), Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3), serta ISO 9001.

“Sebagai lembaga inspeksi, pengujian, dan sertifikasi yang telah beroperasi 60 tahun, kami siap mendukung impelentasi kebijakan pemerintah setempat dengan jasa pemastian.” ujar Sufrin.

Selain berperan dalam pemastian keamanan pangan, Sucofindo juga akan melakukan pengembangan sistem informasi yang kredibel dan transparan guna meningkatkan ‘Good Governance’ pemerintah Timor Leste.

Direktur AIFAESA Timor Leste Abílio Oliveira Sereno dalam sambutannya mengatakan, sebagai Lembaga Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam pelaksanaan kebijakan dan pengawasan atas aktivitas ekonomi, sanitasi, dan bahan pangan. AIFAESA membutuhkan dukungan Perusahaan pemastian yang profesional dan independen seperti Sucofindo.

Menurut Abelio Sucofindo telah memiliki kapabilitas dalam pengembangan laboratorium, terutama dalam pengujian pangan, sehingga dapat membantu AIFAESA memperkuat perannya sebagai lembaga perlindungan konsumen. Selain itu, Sucofindo juga telah memiliki kantor cabang luar negeri di Timor Leste yang akan memudahkan dalam pelaksanaanya.

Asal tahu saja, Sucofindo telah bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Lingkungan Hidup (MCIA) dan Kementerian Pariwisata, Komesial Dan Industri (MTCI) Timor Leste sejak 2008.

Kala itu kerja sama meliputi pembangunan sistem jaringan dan penerbitan certificate of origin untuk komoditi kopi. Pada 2009 SUCOFINDO juga telah bekerjasama dengan Kemerterian Pariwisata, Komesial Dan Industri (MTCI) dalam program fasilitas perdagangan pariwisata dan industri.

Kedepan, kerjasama dengan pemerintah Timor Leste akan terus diperluas, untuk mendukung pemerintah Timor Leste dalam jasa pemastian pada implementasi kebijakannya.

Source Sucofindo perluas kerja sama dengan Timor Leste

Leave A Reply

Your email address will not be published.