Sucofindo Dipercaya Sebagai Supervisor Pembuatan Kapal oleh PT Pelindo I

53

21 Agustus 2017 — Direktur Utama Sucofindo Bachder Johan Buddin didampingi Kepala SBU Industri Walpon Silitonga, Kacab Medan Heri Suprayitno dan Kacab Batam Teten Dilla menghadiri undangan dari PT Pelindo 1 Medan untuk menyaksikan first stell cutting ceremony, project 2 unit habour tug PT Pelindo 1 Hull TB 098 2 X 1200 HP dan TB 099 2 X 1800 HP di Citra Shipyard Batam.

Kegiatan ini merupakan simbolis dalam pembuatan kapal yang sebelumnya, proyek kapal tersebut didesain oleh Sucofindo. “Kita tak hanya membuat perencanaan, tetapi dalam proses pembuatan kapal kita dipercaya oleh PT Pelindo I untuk mengawasi selama proses pembuatan kapal yang dikerjakan oleh PT Citra Shipyard,” kata Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin saat di temui Lensa (10/8).

Selanjutnya Kacab Sucofindo Medan Heri Suprayitno menambahkan bahwa dalam pekerjaan ini Sucofindo telah selesai dalam membuat perencanaan. “Dalam perencanaan kami dibantu oleh expert dari luar,” kata Heri. Pekerjaan perencanaan meliputi, menyusun preliminary desain, membuat spesifikasi teknis (technical specification) dan Maker list, membuat estimasi biaya pembangunan kapal (engineers estimate), pendampingan dalam proses aanwijzing dan evaluasi dokumen penawaran.

Sedangkan konsultan pengawas atau supervisi, menurut Heri dimulai setelah acara first stell cutting ini. “Nantinya Sucofindo Medan segera menempatkan minimal 2 orang setiap harinya di Citra Shipyard ini untuk melakukan supervisi pembangunan 2 unit kapal tunda ini,” kata Heri.

Adapun lingkup tugas Sucofindo sebagai pengawas secara garis besar mulai dari pemeriksaan material atau peralatan on site, baik kondisi maupun spesifikasi berdasarkan spesifikasi teknis yang telah ditetapkan oleh pihak pemberi tugas, serta memonitor penggunaan material atau peralatan jika diperkirakan akan terjadi deviasi maka pihak konsultan supervisi agar mencatat dan memberikan saran atau rekomendasi kepada pihak galangan kapal agar tetap sesuai spesifikasi teknis dalam kontrak.

Selain itu, dalam melakukan supervisi seluruh tahapan pekerjaan fabrikasi, baik di site maupun di workshop, Sucofindo pun akan membuat laporan secara berkala.Konsultan supervisi harus melakukan supervisi terhadap pelaksanaan pengujian individual test (performance test), dock trial, bollard pull test, sea trial.

“Sebelum serah terima, pihak Sucofindo wajib untuk mengecek kebenaran dokumen hasil pengujian-pengujian tersebut sebelum dilakukan serah terima ke pihak Pelindo 1,” ujar Heri. Untuk surat-surat atau sertifikat kapal nantinya akan diterbitkan oleh instansi berwenang ( IACS members dan syahbandar) berdasarkan hasil Laporan Sucofindo.

Dalam sambutannya Dirut Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana mengharapkan penyelesaian pembangunan 2 unit kapal ini dapat diselesaikan lebih cepat dari target yang ditetapkan 16 bulan dengan kualitas dan spesifikasi sebagaimana yang telah ditetapkan dalam kontrak, “Begitu juga harapan kami untuk Sucofindo, dapat melaksanakan pengawasan/supervisi secara profesional, independent dan memberikan rekomendasi sesuai spesifikasi teknis jika pihak galangan dalam penggunaan materiial maupun teknis tidak sesuai kontrak yang telah disepakati,” terang Bambang.

Dalam kegiatan ceremony First Cutting ini juga turut dihadiri oleh Dirut Citra Shipyard Ali Ulai, Direktur Utama PT Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana, serta jajaran Direksi PT Pelindo I dan PT Citra Shipyard.

Source Sucofindo Dipercaya Sebagai Supervisor Pembuatan Kapal oleh PT Pelindo I

Leave A Reply

Your email address will not be published.