Studi Banding Siswa Mengenal Nusantara & Penyerahan Bantuan Sekolah

33

Denpasar – Kamis, 16 Agustus 2018, Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Bali diisi serangkaian kegiatan bertema pendidikan dan sosial. Studi Banding ke SMK Negeri 1 Denpasar menjadi kegiatan pertama di hari ke-5 pelaksanaan SMN tersebut. Peserta SMN asal kalimatan Timur (Kaltim) disambut dengan meriah oleh para siswa dan staf pengajar, pada kesempatan tersebut dilakukan paparan serta sharing dan diskusi. Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa mendapatkan pengetahuan dan gambaran mengenai aktivitas pendidikan di Provinsi Bali.

Usai Studi Banding, ketiga BUMN Pelaksana BUMN Hadir Untuk Negeri di Bali, yaitu PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI), dan PT Hotel Indonesia Natour (Persero) (HIN) melakukan aksi sosial melalu pemberian Bantuan Sekolah sara Taman Bacaan Sekolah di SD Anak Emas, Denpasar.

Siswa-siswi SD Anak Emas, Denpasar, tampak bersukacita menerima hadiah “Taman Bacaan Sekolah” yang dilengkapi dengan koleksi buku dan perangkat komputer. “Kami memilih SD Anak Emas sebagai penerima bantuan Taman Bacaan karena mereka sebelumnya belum memiliki tempat yang memadai dan sekolah ini juga termasuk sekolah yang berprestasi,” kata Kepala Bagian Komunikasi Korporat Sekretariat Perusahaan Jiwasraya sekaligus ketua panitia, Wiwik Prihatini.

Disela-sela penyerahan simbolis bantuan tersebut, pihaknya berharap fasilitas Taman Bacaan Sekolah yang diberikan itu dapat bermanfaat untuk anak-anak yang menempuh pendidikan di SD Anak Emas, Denpasar.

Ada lebih dari 400 judul buku yang terdiri dari buku cerita, buku pendidikan, psikologi, sejarah, maupun flora dan fauna, buku motivasi dan sebagainya yang melengkapi koleksi Taman Bacaan Sekolah tersebut, yang merupakan sinergi dari tiga BUMN di Bali yakni Jiwasraya, RNI, dan HIN.

“Untuk penyediaan buku-buku, kami juga sinergi dengan Balai Pustaka yang juga sesama BUMN,” ujar Wiwik yang juga didampingi Indah Cahyawati dari HIN itu.

Bantuan seperangkat “Taman Bacaan” yang sama juga diserahkan pada Yayasan Kasih Peduli Anak (YKPA) Denpasar, dengan harapan dapat dimanfaatkan sebagai sumber bacaan bagi anak asuh di yayasan tersebut dan masyarakat sekitarnya.

Acara seremonial penyerahan bantuan buku itu juga dihadiri 23 peserta SMN Kaltim yang mengikuti rangkaian kegiatan di Bali pada 12-20 Agustus 2018. “Mereka (peserta SMN) kami libatkan menjadi bagian dari pembagian buku ini. Paling tidak mereka menjadi tahu salah satu institusi pendidikan yang ada di Denpasar dan sekaligus mengetahui bahwa BUMN juga mempunyai kepedulian pada lembaga pendidikan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Komunikasi Korporasi RNI Fazar Bachtiar mengatakan, program BUMN Hadir untuk Negeri selain berbicara membangun infrastruktur secara fisik, juga ingin membangun karakter siswa di Nusantara, dan semua itu tentunya berawal dari dunia pendidikan.

“Kami berharap Taman Bacaan Sekolah bermanfaat bagi sekolah ini, khususnya dan masyarakat sekitarnya. Kami berharap BUMN yang lain juga bisa melakukan hal yang sama untuk sekolah-sekolah yang lain melalui program PKBL dan CSR,” katanya.

Fazar menambahkan, pihak sekolah juga diberi bantuan komputer, printer, dan pelatihan sistem administrasi, agar mereka juga mempunyai keterampilan administrasi perpustakaan.

Selepas acara pemberian bantuan, peserta SMN juga mendapat kesempatan untuk mengenal proses bisnis tiap-tiap BUMN pelaksana dengan melakukan kunjungan ke kantor perwakilan Jiwasraya, RNI, dan HIN yang ada di Bali.

Source Studi Banding Siswa Mengenal Nusantara & Penyerahan Bantuan Sekolah

Leave A Reply

Your email address will not be published.