Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia yang Efektif Dalam Mengakselerasi Kinerja PTPN X (Bagian II)

2

Senin, 6 April 2015 |

  • MANFAAT PENGEMBANGAN SDM DI MASA MENDATANG

Pimpinan yang secara teratur melakukan proses pengembangan strategi sumber daya manusia pada perusahaannya akan memperoleh manfaat berupa distinctive capability dalam beberapa hal dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan, seperti yang sifatnya strategis yakni:

  1. Kemampuan mendefinisikan kesempatan maupun ancaman bagi sumber daya manusia dalam mencapai tujuan bisnis.
  2. Dapat memicu pemikiran baru dalam memandang isu-isu sumber daya manusia dengan orientasi dan mendidik partisipan serta menyajikan perluasan perspektif.
  3. Menguji komitmen manajemen terhadap tindakan yang dilakukan sehingga dapat menciptakan proses bagi alokasi sumber daya program-program spesifik dan aktivitas.
  4. Mengembangkan sense of urgency dan komitmen untuk bertindak.

Kemudian yang sifatnya operasional, perencanaan SDM dapat bermanfaat untuk :

  1. Meningkatkan pendayagunaan SDM guna memberi kontribusi terbaik.
  2. Menyelaraskan aktivitas SDM dengan sasaran perusahaan agar setiap pegawai/tenaga kerja dapat mengotimalkan potensi dan ketrampilannya guna meningkatkan kinerja perusahaan.
  3. Penghematan tenaga, biaya, waktu yang diperlukan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi guna kesejahteraan pegawai/karyawan. (Nawawi. 1997: 43)

Menurut Schuler & Walker (1990), pola yang dapat digunakan dalam penyusunan strategi sumber daya manusia perusahaan dimasa depan antara lain):

  • Manajer lini menangani aktivitas sumber daya manusia (stratejik dan manajerial), sementara administrasi sumber daya manusia ditangani oleh pimpinan unit teknis operasional.
  • Manajer lini dan biro kepegawaian/sumber daya manusia saling berbagi tanggung jawab dan kegiatan, dalam konteks manajer lini sebagai pemilik dan sumber daya manusia sebagai konsultan.
  • Departemen sumber daya manusia berperan dalam melatih manajer dalam praktik-praktik sumber daya manusia dan meningkatkan kesadaran para manajer berhubungan dengan HR concerns.

 

  • TAHAPAN PERENCANAAN SDM

 Menurut Jackson dan Schuler (1990), perencanaan sumber daya manusia yang tepat membutuhkan langkah-langkah tertentu berkaitan dengan aktivitas perencanaan sumber daya manusia menuju perusahaan modern. Langkah-langkah tersebut meliputi :

  1. Pengumpulan dan analisis data untuk meramalkan permintaan maupun persediaan sumber daya manusia yang diekspektasikan bagi perencanaan bisnis masa depan.
  2. Mengembangkan tujuan perencanaan sumber daya manusia.
  3. Merancang dan mengimplementasikan program-program yang dapat memudahkan perusahaan untuk pencapaian tujuan perencanaansumber daya manusia.
  4. Mengawasi dan mengevaluasi program-program yang berjalan.

Keempat tahap tersebut dapat diimplementasikan pada pencapaian tujuan jangka pendek (kurang dari satu tahun), menengah (dua sampai tiga tahun), maupun jangka panjang (lebih dari tiga tahun).

Source Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia yang Efektif Dalam Mengakselerasi Kinerja PTPN X (Bagian II)

Leave A Reply

Your email address will not be published.