Strategi Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek Saat Arus Mudik 2018

79

6/10/2018 10:13:34 AM | Menjelang pelaksanaan arus mudik Lebaran 2018, PT Jasa Marga (Persero) Cabang Jakarta Cikampek (Japek) menyelenggarakan jumpa pers dengan awak media massa, Kamis 7 Juni 2018, di Kantor Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Bekasi. Dalam jumpa pers tersebut General Manager Japek menjelaskan tiga strategi utama yang diterapkan dalam mengantisipasi kepadatan lalu lintas.

Menurut Raddy, strategi pertama yang akan dilakukan adalah melakukan pengalihan rute perjalanan melalui gerbang lain apabila terjadi kepadatan terutama di Gerbang Tol Cikarang Utama. Pihaknya akan melakukan pengalihan rute perjalanan melalui gerbang tol terdekat.

Strategi berikutnya adalah dengan memberlakukan implementasi/pemberlakuan ganjil/genap di akses masuk tol, pembatasan jam operasi kendaraan tiga sumbu/lebih di jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas pada pertemuan tiga arah (Cawang, Pondok Indah, dan Tj. Priok) di Simpang Susun Cikunir arah Cikampek, hingga penambahan libur pada arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Ada pun strategi kedua adalah dengan mengoptimalisasi kapasitas lajur, penambahan gerbang tol, memaksimalkan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), serta Parking Bay.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini kita telah mempersiapkan Tempat Istirahat (TI) dan juga menambah Parking Bay hingga melakukan Rest Area Management.” kata Raddy.

Raddy juga memastikan untuk kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan tambahan di Tempat Istirahat (TI) yang tersedia. Selain kesehatan, Raddy juga menambah fasilitas bengkel pemeriksaan gratis, fasilitas penjuaan BBM kemasan, penambahan fasilitas toilet di Parking Bay, hingga penempatan petugas pengatur lalu lintas.

Terkait strategi yang ketiga, Raddy menjelaskan akan mempercepat penanganan gangguan lalu lintas di sepanjang jalur. Dalam hal ini, ada beberapa langkah Cabang Japek di antaranya akan menempatkan petugas operasional pada lokasi strategis yang rawan kemacetan. Cabang Japek juga sudah menghentikan seluruh proyek pembangunan yang ada di ruas Jakarta -Cikampek. Guna memperlancar arus kendaraan di Rest Area, Cabang Japek juga akan memberlakukan buka tutup Tempat Istirahat (TI) pada saat overload.

Selain itu, Cabang Japek juga akan mengoptimalkan armada patroli roda dua dan akan menempatkan empat buah Crane untuk percepatan penanganan kondisi darurat. Raddy berharap mudik tahun ini Jalan Tol Jakarta-Cikampek lebih aman dan lancar seperti di tahun sebelumnya.

Source Strategi Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek Saat Arus Mudik 2018

Leave A Reply

Your email address will not be published.