Stek Pucuk Pinus, Terobosan Baru Perhutani Banyumas Barat

6

BANYUMAS BARAT, PERHUTANI (23/11/2015) | Perum Perhutani Banyumas Barat kembangkan terobosan baru berupa pembuatan bibit Pinus melalui stek pucuk yang berasal dari induk yang memproduksi getah banyak (Bocor getah) di petak 1 J Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Majenang Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Majenang.

Pinus Merkusi merupakan andalan dan harapan Perhutani mencermati potensi getah pinus dan prospek ekonominya yang tinggi untuk itu Perhutani melakukan langkah langkah strategis untuk memproduksi getah pinus dari tegakan pinus yang baik.

Pelatihan dan uji coba pembuatan bibit Pinus diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri mandor persemaian, mandor tanam dan Kepala Resort Pemangkuan Hutan ( KRPH ) dengan nara sumber dari Puslitbang Cepu, Risma Rahmawati.

Kasi Pengelolaan Sumber Daya Hutan & Lingkungan Perum Perhutani Banyumas Barat, Satya Riyadi menyampaikan bahwa perbanyakan bibit pinus dengan cara vegetatif mudah, murah dan menghasilakn bibit yang berkualitas baik”. Di pilih petak 1 J karena lokasi ini memenuhi syarat tumbuh antara lain ketinggian, tempat, kelembaban dan suhu udara.

Source Stek Pucuk Pinus, Terobosan Baru Perhutani Banyumas Barat

Leave A Reply

Your email address will not be published.