Stabilkan Harga Bawang Di Brebes-tegal, Bulog Investasi Cas Rp 25 Miliar

7

04 Mei 2019 | BREBES – Upaya untuk menstabilkan harga komoditi pangan terus dilakukan Perum Bulog. Dalam upaya menstabilkan harga bawang merah di wilayah sentra produksinya di Brebes dan Tegal, Perum Bulog berinvestasi 20 unit Control Atmosphere Storage (CAS) senilai Rp 25 Miliar.

“Investasi untuk CAS ini senilai Rp 25 Miliar. CAS ini untuk menyimpan komoditas pangan khususnya bawang merah. Dengan kapasitas penyimpanan 272 ton konde bawang merah atau 326 ton bawang merah rogol,” kata Kepala Divisi Pergudangan, Persediaan dan Angkutan Perum Bulog, Mokhamad Suyamto, dalam konferensi pers yang diikuti rombongan Forwabul, di tempat CAS tersebut di Komplek Pergudangan Bulog Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, kemarin.

Suyamto mengatakan CAS -yang merupakan kombinasi antara teknologi pendinginan dengan teknologi pengkondisian udara yang mengatur kadar kelembaban, oksigen, karbondioksida, nitrogen dan ethtlene- tersebut, mampu mengurangi penyusutan atau kebusukan bawang merah lebih lama dibanding gudang konvensional.

Jika menggunakan CAS, penyusutan akan terjadi 10 persen selama 3 bulan. Sementara dengan gudang konvensional akan menyusut 10 persen dalam sehari.

CAS sangat membantu Perum Bulog untuk menyimpan bawang merah pada saat surplus dan menyalurkan bawang merah pada saat defisit. Sehingga harga bisa stabil.

” Untuk kedepannya, kami rencananya akan membangun lagi gudang modern CAS di beberapa daerah sentra pangan di Indonesia. Hanya saja saat ini masih menunggu hasil dari percobaan CAS di Brebes. Dalam waktu dekat kita lakukan di kawasan sentra pangan di Solok (Sumatera Barat), dan di sentra produksi lainnya,” kata Suyamto.

Source Stabilkan Harga Bawang Di Brebes-tegal, Bulog Investasi Cas Rp 25 Miliar

Leave A Reply

Your email address will not be published.