Sosialisasi Amnesty Pajak di ASABRI

51

26 September 2016 08:07:41 WIB | Pajak, mungkin bukan sesuatu yang asing didengar oleh masyarakat Indonesia, namun dalam istilah yang dikeluarkan oleh Kementrian Keuangan baru baru ini “Amnesti Pajak” masih banyak yang bertanya-tanya apa maksudnya dari kalimat tersebut.

Pada hari Kamis, 22 September 2016, kebetulan PT ASABRI (Persero) kedatangan tamu dari Kementrian Keuangan untuk mensosialisasikan apakah sebenarnya Amnesti Pajak itu. Sesuai dari pengertiannya amnesty yang berarti pengampunan, Program tax amnesty mengacu pada kata kunci “ungkap”, “tebus”, dan “lega”. Wajib pajak diminta melaporkan aset dan harta yang belum dilakukan dalam surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak 2015. Jika tak mengikuti program itu, wajib pajak harus melakukan pembetulan SPT pajak 2015.

Namun sesuai yang disampaikan oleh utusan dari KPP Pajak Agung P. Susanto sosialisasi yang diadakan di lantai 7 gedung ASABRI itu bukan sekedar memberikan pengertian dari amensti pajak kepada seluruh pegawai ASABRI, namun juga alasannya maksud dan tujuan program amnesti pajak ini begitu diharapkan di Indonesia. Seperti yang telah disampaikan oleh Direktur Utama ASABRI Bapak Sonny Widjaja dalam sambutannya bahwa program amnesti pajak bertujuan mempercepat pertumbuhan dan restrukturisasi ekonomi Indonesia.

Tentu saja, amnesty pajak ini bukan hanya ditujukan kepada para pengusaha atau warga Negara Indonesia yang memiliki penghasilan jauh diatas rata-rata yang memang kadang tidak terdaftar dalam SPT Tahunan, namun program tersebut ditujukan setara kepada seluruh warga Negara Indonesia dari setiap kalangan dan golongan. Namun yang disayangkan, sosialisasi tersbut hanya diperuntukan oleh karyawan ASABRI tingkat kepala bidang keatas, tapi itu bukan berarti tidak semua karyawan ASABRI tidak mendapatkan pengetahuan tentang amnesty pajak. Mereka yang hadir dalam sosialisasi tersebut diharapkan bisa menyampaikan pengetahuan yang didapatnya atau bisa membimbing bawahannya dalam berpartisipasi dalam program tersebut.

Source Sosialisasi Amnesty Pajak di ASABRI

Leave A Reply

Your email address will not be published.