Situs Anantaboga Surga Di Tengah Hutan Banyuwangi

7

BANYUWANGI BARAT, PERHUTANI (6/2/2015) | Anantaboga merupakan tempat religi bagi umat Hindu tempat tersebut dijadikan salah satu kawasan yang disucikan di kawasan itu terdapat beberapa pura yang terus dilestarikan.

Kawasan religi anantaboga terdapat di kawasan Perhutani, masuk Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gunungsari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Glenmore, Perhutani Banyuwangi Barat. Tak hayal lokasi tersebut berada di tengah hutan yang ditumbuhi pohon pinus yang cukup lebat. Meski berada di tengah hutan, tapi kondisi sekitar area anantaboga masih terjaga dengan baik. Kelestarian lingkungan memang benar-benar diutamakan, selama ini tempat pertirtaan umat hindu itu banyak dikunjungi para peziarah, mulai umat hindu lokasi luar daerah yang paling sering adalah umat hindu asal Bali.

Luar area anantaboga sekitar 3 hektar selain terdapat berapa pura di kawasan itu juga terdapat berapa pura dikawasan itu juga terdapat pohon yang cukup besar. Bahkan pohon Apak itu sudah berusia ratusan tahun. Keberadaan pohon tersebut biasanya dijadikan tempat meditasi bagi umat hindu.

Menurut cerita, banyak terjadi peristiwa aneh ditempat pohon yang besar itu, misalnya kejadian aneh itu seperti munculnya ular yang sangat besar, banyak peziarah utamanya umat hindu sangat mempercayai keberadaan pohon besar itu, karena itulah banyak orang yang bertapa ditempat tersebut tujuan rohani menjadi alasan utama bagi peziarah untuk mengunjungi lokasi yang cukup jauh dari pemukiman warga itu.

Selain tumbuh pohon besar di area itu juga terdapat beberapa mata air. Air yang mengalir sangat jernih dan dinginumat hindu percaya jika mandi di tempat itu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mata air tersebut kini terus di bangun dengan baik biasanya umat hindu minum dan mandi di tempat tersebut di berbagai acara tertentu umat hindu tidak menyia-nyiakan air tersebut untuk mandi di tempat pemandian yang diberi nama Lali Jiwo.

Sebagaimana diketahui situs Anantaboga itu sangat disucikan oleh umat hindu, anantaboga percayai menjadi salah satu tempat yang pernah disinggahi tokoh penyebar umat hindu, Resi Markandeya. Didalam situs budaya anantaboga ini terdapat padmasana, pertirtan, Pelinggih Dewi Gangga, Pelinggih Siwa Budha, Campuhan Tiga, Tirta mumbul, Gumuk Ganesha, Gumuk Lingga Yoni, Gumuk Bedawang dan tempat semedi. Saat memasuki kawasan ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa denga.n nuasa pura sehingga serasa berada di Bali.

Source Situs Anantaboga Surga Di Tengah Hutan Banyuwangi

Leave A Reply

Your email address will not be published.