Sinergi Dua Direktorat Sukses Lakukan Penggantian PLEM SPM RU IV Cilacap

3

24/6/2019 | CILACAP – Tim penyelam dari fungsi Subsea Engineering Services – Marine Facilities Direktorat Logistik, Supply Chain & Infrastruktur (LSCI) kembali berhasil melaksanakan penggantian Pipe Line End Manifold (PLEM) dan dua string Subsea Hose SPM 300.000 DWT RU IV CIlacap. Penggantian PLEM set ini dilaksanakan pada Maret – Mei 2019 di lepas pantai Cilacap pada kedalaman 40 meter dengan dukungan dan kerja sama yang solid dari fungsi Marine Region IV, Maintenance, Planning & Scheduling RU IV, Maintenance Area 3 RU IV dan fungsi terkait lainnya.

Sebagai upaya efisiensi waktu pekerjaan, proses pelepasan dan pengangkatan PLEM lama serta penurunan dan pemasangan PLEM baru dilakukan tanpa melepas anchor chain dari buoy body SPM.

“Karena PLEM SPM RU IV Cilacap didesain hanya bertumpu pada satu tumpuan poros sehingga menjadikan tantangan tersendiri dalam proses pelepasan PLEM lama maupun pemasangan unit PLEM yang baru. Salah satu kunci suksesnya adalah transfer beban PLEM serta memperlakukan PLEM independent dari topside,” ujar Vice President Marine Anizar Burlian.

Penggantian PLEM dengan dimensi diameter 46 inch, panjang 8,5 meter dan berat 21 ton serta subsea hose berukuran 24 inch @ 48 meter ini sebagai tindak lanjut atas terjadinya crack (retakan) pada joint elbow line B to Header di tahun 2018 yang juga berhasil ditanggulangi oleh tim penyelam Subsea Engineering Services dengan melakukan pengelasan bawah air dan pemasangan sleeve clamp terpadu.

“Keberhasilan ini semakin membuktikan bahwa sinergi yang solid antara Direktorat LSCI dan Direktorat Pengolahan dapat memberikan nilai tambah yang signifikan, baik dari segi biaya, safety dan waktu. Yang tidak kalah penting adalah penguasaan teknik dan eksekusi pekerjaan dengan kemampuan sendiri meskipun dilaksanakan di perairan laut selatan yang terkenal ganas,” imbuhnya.

Source Sinergi Dua Direktorat Sukses Lakukan Penggantian PLEM SPM RU IV Cilacap

Leave A Reply

Your email address will not be published.