Sinergi BUMN untuk Pariwisata

36

19 Januari 2017 08:27:23 WIB

Komitmen PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (persero) atau TWC sebagai salahsatu BUMN pendamping melalui Sinergi BUMN untuk maju bersama masyarakat semakin nyata. Setelah program “Explore Indonesia” milik Kementerian BUMN, kini “Explore Borobudur” hadir sebagai sebuah rumusan cita-cita bersama untuk pengembangan dan kemajuan kawasan Borobudur. Melalui program “Explore Borobudur”, TWC dan BUMN pendamping lain serta BUMN Sponsor ingin menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada di kawasan Borobudur. Keberadaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) menjadi salahsatu komponen utama dalam program “Explore Borobudur”. Kehadiran Balkondes di 20 desa merupakan wujud nyata Sinergi BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri. Hal ini diharapkan dapat menjadi salahsatu stimulan bagi warga masyarakat Borobudur untuk bergerak mengembangkan industri rumah tangga dalam bisnis pariwisata di kawasan Borobudur yang semakin menggeliat.

Program ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut sesuai arahan dan kebijakan dari Menteri BUMN Republik Indonesia dalam turut serta menunjang program Pemerintah di bidang pariwisata khususnya terkait pengembangan KSN Borobudur. Pada hari ini, Menteri BUMN Republik Indonesia, Ibu Rini M. Soemarno meresmikan Balkondes-Balkondes yang telah selesai pembangunannya. Yaitu Balkondes Desa Candirejo (BUMN Sponsor – PT Semen Indonesia), Balkondes Desa Desa Karangrejo (BUMN Sponsor – PGN), Balkondes Ngaran Desa Borobudur (BUMN Sponsor – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko), dan Balkondes Kebonsari (BUMN Sponsor Hutama Karya). Kunjungan Menteri BUMN Republik Indonesia ini sekaligus untuk melaksanakan Ground Breaking Pembangunan Balkondes tahap ketiga di Desa Tanjungsari, dengan BUMN Sponsor BRI.

Menteri BUMN Republik Indonesia memberikan perhatian penuh pada pengembangan pariwisata Borobudur. Rangkaian kegiatan diatas merupakan follow up dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. BUMN sebagai instrumen Pemerintah berpartisipasi aktif sebagai agent of development guna mendorong percepatan pembangunan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan rakyat, dan selalu siap membantu masyarakat untuk bangkit bekerja dan berkarya. “Ini adalah periode menghidupkan Balkondes, menunjukkan karya-karya real yang akan semakin melengkapi keberadaan Balkondes itu sendiri. Tujuannya tentu saja untuk menciptakan aktivitas-aktivitas pada titik-titik keramaian di desa-desa sekaligus menyalakan lampu-lampu terang di kawasan Borobudur”, kata Edy Setijono, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko.

Edy Setijono atau yang lebih akrab disapa Tio ini juga menambahkan bahwa program “Explore Borobudur” ini dilaksanakan sebagai upaya untuk membangun ekosistem Borobudur, menjaring aspirasi masyarakat lebih banyak lagi untuk pengembangan pariwisata Borobudur. Hal ini menjadi sebuah kompetisi yang baik antar desa di Kecamatan Borobudur, yang diharapkan mampu menjadi motivasi dalam bekerja dan berkarya.

TWC akan menginisiasi bangkitnya aktivitas-aktivitas di sisi Balkondes, diantaranya dengan berbagai pengembangan di bidang:

Moda Wisata ‘VW Safari’
Menciptakan moda transportasi wisata dengan menggunakan mobil VW, dimana para tamu dan wisatawan akan diajak berkeliling menikmati potensi-potensi wisata yang tersebar di kawasan Borobudur.

Kelompok Tari
Setiap Balkondes harus memiliki potensi dibidang kesenian. Masing-masing Balkondes setidaknya membina 3 kelompok tari dengan corak yang berbeda. Sehingga kelompok-kelompok tari ini diharapkan dapat tampil di masing-masing Balkondes.

Kerajinan dengan value tinggi
Mendorong masyarakat menciptakan kerajinan cinderamata yang berkualitas dengan value tinggi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Food & Beverage
Mengadakan pelatihan-pelatihan pengolahan makanan (kuliner) dengan daya tarik khusus sesuai potensi sumber daya alam yang ada di masing-masing desa.

Bidang Sumber Daya Manusia
Mengadakan pelatihan-pelatihan dan pembekalan kepada warga masyarakat di bidang hospitality, dsb untuk menunjang excellent service di masing-masing Balkondes.

Information Technology (IT)
Pemasangan kamera CCTV di setiap Balkondes dengan pusat kontrol monitor CCTV di Hotel Manohara. Hal ini dilaksanakan untuk menunjang Visitor Management wisata kawasan Borobudur. Selanjutnya kegiatan promosi dan publikasi juga akan dilakukan dengan digital marketing melalui website, social media, dsb.

Pendidikan melalui KKN Tematik
Bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada untuk menandatangani kerjasama dalam hal kegiatan KKN Tematik di kawasan Borobudur. Warga masyarakat akan mendapatkan wawasan pengetahuan dari setiap kegiatan KKN yang ada terutama dibidang pengolahan potensi sumber daya lokal yang ada sehingga masyarakat lebih produktif untuk mengembangkannya.

Program ini diharapkan menjadi karya nyata dari BUMN dalam membangun Negeri, sebagai program inisiasi percepatan perekonomian lokal melalui kegiatan pariwisata untuk mendekatkan BUMN pada masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dikawasan Borobudur. Menteri BUMN Republik Indonesia, Ibu Rini M. Soemarno hadir di tengah-tengah warga masyarakat Borobudur untuk memberikan support secara nyata, sehingga diharapkan mampu menjadi sebuah motivasi dan spirit baru bagi masyarakat untuk terus bergerak maju mengembangkan pariwisata kawasan Borobudur.

Contact Person :

Achmad Muchlis / Corporate Secretary

Telp : +62 274 496 402

Fax : +62 274 496 404

Website : www.borobudurpark.co.id

E-mail : [email protected]

Source Sinergi BUMN untuk Pariwisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.